Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi Virus Corona

Sebagai contoh, gunakan fitur Dream Saver yang tersedia di Jenius atau mulai berinvestasi dengan modal kecil melalui aplikasi Bibit. Batam Tourism Polytechnic akan membagikan beberapa ideas praktis yang dapat kamu terapkan demi kebiasaan finansial yang baik di masa depan. Perguruan tinggi sendiri merupakan saat yang tepat untuk eksplorasi, belajar, dan berkembang. Tidak sedikit dari mahasiswa yang dituntut untuk dapat hidup mandiri dan merantau saat memasuki jenjang perguruan tinggi. Karenanya, pengelolaan finansial pun menjadi poin penting yang akan mendukung kehidupan sehari-hari. Misi BukuKas adalah untuk membantu jutaan bisnis di Asia Tenggara dalam memonitor dan mengatur arus kas secara lebih baik.

Hutang konsumtif merupakan pinjaman untuk membeli barang yang nilainya terus menurun di masa depan dan tidak menghasilkan keuntungan. Masalah finansial kadang sampai membuat kita stres hingga frustasi jika kita tidak dapat mengatur keuangan dan menata pendapatan serta pengurangan dengan baik. Pengeluaran yang tidak terlalu penting sebaiknya dialokasikan untuk pengeluaran esensial Casino Online seperti kebutuhan pokok dan kesehatan, terlebih selama PPKM dijalankan. Hal ini bertujuan, agar Anda dapat memilah alokasi pengeluaran yang tepat dan prioritas. Sebab itu, milenial di Indonesia perlu mulai memprioritaskan pengelolaan keuangan mereka utamanya di situasi saat ini karena pemasukan pasti ikut berkurang sebagai dampak dari pandemi yang berkepanjangan.

Tips mengatur keuangan

Penting untuk memantau tingkat inventaris secara berkala sekaligus tren pembelian untuk bisa memperkirakan kebutuhan dan mempersiapkan stok dengan jumlah yang sesuai. Satu studi kasus terhadap kelompok kecil UMKM di Depok menunjukkan bahwa tingkat literasi finansial dari pemilik usaha yang rendah berpengaruh terhadap kemampuan mengelola keuangan . Usahawan hanya sebatas mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan usaha, tanpa disertai dengan penyimpanan dokumen pendukung seperti kwitansi. Usahawan juga belum menggunakan anggaran sebagai bahan evaluasi usaha, sehingga bisa dikatakan manajemen keuangan usahanya belum maksimal. Salah satu tips dan cara hemat uang dalam rumah tangga adalah dengan membuat anggaran belanja rumah tangga. Anggaran belanja untuk rumah tangga yang menghabiskan biaya cukup banyak adalah belanja kebutuhan sehari-hari selama satu bulan.

Memiliki kebiasaan yang konsumtif bisa membuat pengeluaran membengkak dan Moms pun juga sulit dalam menentukan prioritas tentang apa yang lebih penting dibeli. Sebisa mungkin hindari hutang, karena hutang akan menjadi bebab pengeluaran dikemudian hari. Salah satunya dengan tidak memaksakan membeli sesuatu dengan cara berhutang. Jika penghasilan keluarga ALovers 9 Juta, maka 900 Ribu dari penghasilan itu harus dialokasikan untuk kebutuhan sosial. Untuk investasi, kamu bisa menanamkan uangnya di beberapa instrumen investasi seperti deposito, reksadana pendapatan tetap atau emas.

Jika kamu ingin memastikan bahwa semua uang hasil jerih payah tidak lenyap hanya dalam satu malam, kamu harus mengambil langkah untuk melindunginya. Kadang asuransi terlihat membuang-buang uang, tapi ini merupakan tindakan preventif sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Tak hanya itu, ketika berbelanja ada baiknya jika kamu terlebih dahulu mengecek harga dan membandingkan.

GoPay menghadirkan wadah edukasi keuangan yang holistik agar anak muda dapat mengelola keuangan dengan lebih cerdas dan matang. Buatlah rencana tabungan dengan terstruktur sehingga Anda dapat mengelola keuangan dengan baik. Hal itu memberikan kemudahan untuk mencapai tujuan dan goal yang telah ditetapkan. Kelas FinanSiap digelar secara digital dan bisa diikuti oleh anak muda secara free of charge. Setiap kelasnya, anak muda akan diajak untuk mengatur keuangan sehari-hari dengan dukungan teknologi digital.