Mahasiswa Unikama Bertransfromasi Jadi Pengusaha Startup Lewat Bec

Dalam menghadapi pasar bebas ini pun, masyarakat Indonesia sejatinya juga bisa belajar dari pengusaha muda sukses yang telah berhasil mempertahankan ide usahanya hingga bisa menghasilkan omzet milyaran rupiah. Dalam kesempatan itu, Bahlil mendorong mahasiswa untuk menjadi pengusaha yang sukses karena saat ini banyak sekali orang yang membutuhkan lapangan pekerjaan. Pemutusan hubungan kerja akibat pandemi dan lulusan perguruan tinggi yang bercita-cita menjadi karyawan atau pegawai negeri sipil menyebabkan meningkatnya angka pengangguran. Ada banyak dampak yang dirasakan bagi mahasiswa yang kuliah sambil menjalankan usaha baik dari sisi positif maupun negatif. Sisi positifnya ialah salah satunya mahasiswa bisa memperoleh ilmu serta pengalaman dalam kegiatan berwirausaha.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Yukka Harlanda & Putera Dwi KurniaDua entrepreneur Indonesia muda ini memulai usahanya di bangku kuliah. Saat itu Yukka merasa kesulitan mencari sepatu yang sesuai ukuran kakinya yang besar dan harga yang pas untuk kantong mahasiswa. Ia pun memutuskan memesan sepatu pada pengrajin sekaligus memamerkan desain tersebut pada teman-temannya. Bandar Slot Online Banyak temannya yang tertarik dengan desain tersebut, entrepreneur Indonesia ini mulai membuka penjualan dengan sistem pre-order. Atas dasar itu, dirinya mengajak sekaligus menantang seluruh generasi milenial di Indonesia untuk bisa menciptakan lapangan kerja baru. Sebab, hal ini tidak bisa hanya bergantung kepada pemerintah saja.

“Ilham dipilih karena memiliki kecerdasan komprehensif dan dapat menyeimbangkan antara gentle talent dan onerous ability. Keterampilan ini dapat diperoleh melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler,” tulis ITB di Instagramnya. Selain itu, agar mahasiswa memanfaatkan program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar dengan baik. “Kita akan buat sama perangkatnya. Dalam rangka proteksi afirmatif dengan UU cipta kerja seluruh investasi yang masuk ke Indonesia wajib bergandengan dengan UMKM,” ujar dia.

Jika Anda belum memiliki ide, temukan sebuah produk yang berhasil di pasaran. Pelajari produk tersebut, kemudian temukan kelebihannya untuk dipertahankan dan temukan kelemahannya agar menjadi produk yang lebih sempurna. Carilah yang terdekat dengan diri Anda atau teman-teman Anda di lingkungan kampus atau lingkungan tempat tinggal Anda. Lalu, mintalah pendapat dosen atau orang yang Anda tuakan atas ide Anda. Dia menjalankan bisnisnya dengan modal nol, hingga ia mampu membangung perusahaan yang bergerak di bidang properti.

Perusahaan yang identik dengan digital ini tak hanya terus bermunculan di seluruh dunia, tetapi juga di Indonesia. Gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini berharap, mahasiswa-mahasiswa Unram jangan sampai hanya bisa membuat produk, tapi juga harus siap menjadi pengusaha. Menurut Bang Zul, dengan menjadi pengusaha, produk-produk tersebut bisa berjalan dengan lancar. Petrokomia Gresik mampu mendukung kebutuhan produk sektor pertanian di Laos. WIKA Gedung Tbk meraih kontrak pekerjaan jasa konstruksi rancang dan bangun pembangunan Stadion BMW. PTPP menekankan pentingnya pengembangan kompetensi, kreativitas, inovasi dan sinergi antar lini bisnis.

Misalkan kamu butuh untuk membuat katalog, buatlah katalog dengan foto-foto produkmu yang bagus dan menarik. Jika kamu tak bisa fotografi dan modifying, minta bantuan pada temanmu yang bisa melakukannya. Atau kalau kamu butuh design emblem atau web site, tapi kamu tak punya teman yang bisa melakukannya, carilah teman dari jurusan seni atau desain. Jika kamu masih merasa kesulitan untuk menemukan idemu sendiri, cobalah untuk mencari sebuah produk yang bagus, yang bisa kamu contoh dan adaptasi.

Tidak ada mencapai sukses hanya dengan duduk dan menatap dinding setiap hari. Biografi atau kisah setiap pengusaha sukses bahwa mereka harus bekerja lebih dari 60 jam per minggu di awal bisnis mereka. Bersiaplah untuk mengucapkan selamat tinggal pada acara liburan, bersenang-senang untuk sementara.