7 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Kekinian Tanpa Modal

Jika kita punya keahlian di bidang tertentu, maka keahlian tersebut bisa kita jual dalam bentuk eBook, video, atau membership. Model bisnis ini potensinya luar biasa, apalagi dizaman digital saat ini, di mana orang semakin banyak yang lebih memilih membaca buku digital dibanding buku fisik. Jasa pengetikan merupakan salah satu bisnis yang paling laku di space sekitar kampus. Hal ini dikarenakan banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk penulisan tugas kuliah atau juga skripsi. Modal yang diperlukan pun hanya berupa komputer, kios, dan listrik. Semakin banyak Anda memiliki teman, maka semakin mudah menjalankan bisnis.

Ini adalah langkah awal paling mudah yang bisa dilakukan oleh seorang pemula untuk membangun sebuah bisnis online. Belajar membangun sebuah blog/ website dengan topik tertentu dan memberikan manfaat bagi audiens adalah sesuatu yang tidak terlalu sulit. Kita bisa membuat blog yang berhubungan dengan minat/hobby dan keahlian, tentu ada banyak orang yang punya minat atau hobby yang sama dengan Anda. Salah satu peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa jurusan pertanian yaitu jualan pupuk dan vitamin tanaman.

Apabila blogger dinilai lambat menghasilkan uang, Anda bisa menjual jasa menulis artikel. Untuk hal ini Anda perlu menguasai teknik menulis web optimization atau copy writing yang tentu saja bisa dipelajari. Dimana sisi positifnya, Anda tak perlu mengeluarkan modal untuk menjalankan bisnis tersebut. Sementara itu sisi negatifnya sendiri adalah bisnis on-line banyak terjadi penipuan, terutama untuk jenis bisnis MLM .

Tentunya dengan banyak pertimbangan sehingga usaha cocok untuk anda jalankan. Online shop merupakan jenis usaha yang sedang diminati oleh anak mudah beberapa tahun belakangan ini, hampir anak muda zaman sekarang membuka olshop dan menjual produknya sendiri. Usaha ini sangat cocok untuk anak kuliahan karena tidak terikat waktu dan bisa dilakukan dimanapun bahkan di kampus saat pelajaran. Dengan menggunakan internet, anda bisa chat, video call dan browsing sepuasnya. Maka dari itu dengan menjual paket knowledge web menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan untuk mahasiswa.

Bisnis mahasiswa tanpa modal

Banyak sekali mahasiswa yang menjadi agen grosir maupun reseller di bidang ini. Misal produk kecantikan make up, produk perawatan kulit dan rambut seperti masker, dan lainnya. Penulis konten merupakan pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan pada saat ini, di era teknologi ini, semakin banyak orang yang menggunakan teknologi di berbagai bidang kehidupan mereka.

Kamu tidak perlu modal yang besar karena biasanya yang dibutuhkan hanya smartphone dan kuota. Bisnis yang menjanjikan pertama adalah bisnis pulsa elektrik yang modalnya tidak terlalu Agen Bola Online besar. Untuk menjalankan bisnis yang menjanjikan ini, cukup memiliki ponsel saja. Peluang bisnis sampingan mahasiswa yang satu ini sedang menjadi tren beberapa tahun belakangan.

Mereka berhasil meraup untung besar dengan nominal yang tidak pernah kita duga. Akan tetapi tidak semudah yang dibayangkan, butuh kerja keras dan cerdas agar berhasil mencapai kesuksesan pada bidang apapun. Bimbingan belajar atau les ini biasanya sangat dibutuhkan oleh anak-anak sekolah usia SMP dan SMA. Saat ini banyak keluarga yang disamping berusaha memasukkan anaknya ke sekolah unggulan, juga mencarikan guru les, agar nilai dan pengetahuan anaknya terhadap materi pelajaran menjadi semakin baik. Secara umum bimbingan belajar atau yang biasa disebut sebagai ‘les’ terdapat 2 jenis yang dikenal oleh masyarakat luas, yakni les secara klasikal dan secara privat. Semua akan dilakukan oleh supplier dan kamu hanya tinggal mencari pelanggan dengan cara mengiklankan produk.