Tips

Biasanya, jadwal kuliah akan dimulai pada malam hari, sehingga kamu dapat leluasa bekerja dari pagi hingga siang hari. Di Batam Tourism Polytechnic sendiri, tersedia kelas malam untuk program studi sarjana yang dimulai dari pukul 18.00 hingga 22.00. Alhasil, kemungkinan besar kamu tidak akan mampu mengikuti ritme perkuliahan seperti mahasiswa pada umumnya. Pekerjaan akan menuntutmu untuk tetap berada di space kantor mulai dari pagi hingga sore hari. Karena itu, sejak awal kamu harus memilih kampus yang dapat mendukung pekerjaanmu.

Selain itu dukungan keluarga dan teman-teman di Korea juga berperan besar. Untungnya, pelajar Indonesia bisa bergabung dengan komunitas orang Indonesia dan aktif di organisasi, di mana mereka bisa bertemu dan berbagi dengan teman-teman sebangsa lainnya. Selain itu keberhasilannya kuliah sambil kerja tidak lepas dari ketekunan dan kerja keras. Kuadran ini berisi hal-hal yang tidak penting namun tetap harus dikerjakan. Contohnya adalah follow up jadwal rapat lewat telepon atau e mail, kumpul dan diskusi dengan teman kuliah atau rekan kerja, dll. Tanya juga ke diri kamu, apakah pekerjaan ini bisa didelegasikan dengan teman atau rekan kerja?

Di pekerjaan kamu bisa membuat goal seperti harus sudah pulang kerja sebelum pukul 5 sore. Kamu juga bisa membuat target lain yang membuatmu bersemangat semacam pergi nonton bersama teman kalau bisa dapat nilai A, dan semacamnya. Hal-hal kecil seperti ini bisa menjadi bentuk apresiasi yang menyenangkan untukmu. Mereka juga akan memaklumi saat waktumu untuk berkumpul akan berkurang. Bagaimanapun juga, saat kuliah dan kerja sekaligus, waktu yang kamu miliki tentu akan terbatas.

Sama seperti di Indonesia, kamu cukup melamar dan mengikuti wawancara jika tertarik dengan pekerjaan tersebut. Saat berhasil mendapatkan pekerjaan, ini menjadi kesempatan besar untuk kamu meningkatkan kemampuan bahasa Jerman. Hal ini karena kamu bisa berkomunikasi dengan warga lokal setiap hari.

Nah, ketika ada waktu luang ini gunakanlah untuk aktivitas bermanfaat seperti berinovasi dengan hal baru, membaca buku, membantu orang tua serta tetap berkomunikasi baik dengan keluarga. Alternatif lain, cobalah untuk mendaftar pekerjaan freelance atau on-line yang jam kerjanya akan jauh lebih fleksibel. Andaikan tidak mendapatkan pekerjaan di tempat yang sesuai dengan jurusan, carilah pekerjaan lain yang mau menerima karyawan half time. Satu hal lagi yang sangat penting untuk diindahkan yaitu jangan pernah menunda-nunda untuk menyelesaikan tugas baik dari kampus maupun pekerjaan.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Jika Anda tinggal serumah dengan orang lain, letakkan kalender ini di tempat yang bisa dilihat oleh semua orang. Jalankan rencana itu, lakukan evaluasi pencapaian goal setiap selang waktu tertentu. Susun rencana untuk mengumpulkan skill yang dibutuhkan untuk pekerjaan tadi. Buat rencananya sampai detil dengan goal di setiap jangka waktu. Sebenarnya mereka itu adalah kumpulan orang-orang yang tidak disiplin dan saling mempengaruhi.

Waktu yang kamu gunakan untuk menyelesaikan tugas harus benar-benar terpakai efektif tanpa gangguan. Kalian bisa mematikan gadget sementara agar tidak ada gangguan yang mencuri waktu. Saat kalian rasa rumah kos atau tempat tinggal kalian kurang kondusif, kalian bisa beralih ke tempat yang lebih tenang seperti perpustakaan kampus atau taman. Konsentrasi dalam mengerjakan tugas tentu membuatnya selesai lebih cepat.

Beberapa orang mungkin mengikuti lebih dari satu klub atau organisasi dalam kampus. Kalau kamu ingin pekerjaan yang fleksibel dengan waktumu, maka bekerja di kafe atau restoran dekat kampus bisa kamu coba. Banyak kafe yang menerima mahasiswa untuk bekerja dengan menyesuaikan jadwal kuliah mereka. Salah satu pekerjaan sampingan yang banyak diminati saat ini adalah barista atau pelayan bar di kafe atau kedai kopi. Sebagai barista, kamu memiliki tugas untuk membuat kopi yang enak untuk pelanggan. Sampaikan pada teman-teman dan atasan terkait rencana dan kegiatan yang akan aku lakukan saat kerja sambil kuliah.

Jika Anda tinggal serumah dengan orang lain, letakkan kalender di tempat yang bisa dilihat oleh semua orang. Dengan demikian, mereka tidak akan membuat rencana yang melibatkan Anda ketika Anda tidak bisa ikut. Bekerja sambil kuliah tentu saja membutuhkan ekstra tenaga dengan waktu yang minimalis tersedia. Sehingga membutuhkan komitmen yang kuat dan serta strategi membagi waktu yang seimbang.