Tips Kerja Sambil Kuliah Agar Tak Keteteran

Yakinkan dirimu bahwa kamu bisa melakukan keduanya dengan komitmen dan disiplin yang kuat. Mulailah pikirkan strategi untuk dapat memiliki hidup yang sehat. Kamu dapat memulainya dari makan makanan bergizi dan menetapkan jadwal rutin untuk olahraga. Selain itu, pastikan kamu selalu memiliki tidur yang cukup setiap harinya.

Jika kamu memiliki banyak tugas kuliah, maka manfaatkanlah waktu diluar lima jam itu untuk mengerjakannya. Jangan membuang-buang waktu kamu untuk mengerjakan hal yang tidak perlu. Jadi, jika kamu sedang kerja half time, usahakan untuk mengurangi kegiatan lain yang akan turut menganggu waktumu untuk belajar. Berbeda dari bekerja full time, dengan bekerja half time atau paruh waktu sebenarnya kamu bisa lebih fleksibel untuk mengatur waktu. Karena, waktu kerja half time tidak sebanyak waktu kerja full time yang harus bekerja 9 jam per hari setiap Senin sampai Jumat. Belajar juga dari kesalahan yang pernah dilakukan dan kerjakan tugas-tugas dari kantor dan dosen sebaik mungkin.

Tetapkan jadwal kuliah itu menjadi skala prioritas, karena anda seorang freelance. Karena biaya kuliah cukup mahal, banyak orang yang memilih untuk bekerja sampingan sembari kuliah. Namun karena kerjaan sampingan inilah banyak diantara mereka yang keteteran dengan pelajaran kuliah.

Dengan cara ini konsentrasimu saat kuliah dan kerja pun tidak akan terpecah. Jika perlu buat reminder untuk hal-hal penting seperti deadline pengumpulan tugas atau laporan kerja. Kamu juga harus menepatinya dan selalu disiplin mengikuti jadwal. Selain gaji, tergantung pekerjaan, mahasiswa juga bisa mendapatkan keistimewaan lain.

Kedua hal tersebut tentu merupakan pengalaman yang berguna untuk mempersiapkan agar lebih siap untuk bekerja setelah lulus. Kamu dapat melakukan hal ini baik secara online maupun offline yaitu dengan membuat tabel berisi 7 hari dalam seminggu lengkap dengan penanda waktu. Hal utama yang kamu harus masukkan ke dalam tabel tersebut adalah jadwal kuliah maupun praktikum dalam seminggu. Jadwal ini akan memberikan gambaran waktu-waktu luang yang dapat kamu manfaatkan untuk kegiatan lainnya. Liputan6.com, New York – Kuliah sambil bekerja tentu bukan hal yang mudah, mengingat banyak tugas menanti untuk segera dikerjakan. Kadang Anda bahkan tak memiliki waktu untuk diri sendiri lantaran terlalu sibuk menuntut ilmu di kampus bersamaan dengan bekerja di kantor.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Tentunya keadaan “mepet” bertubi-tubi seperti ilustrasi diatas membuat seseorang cepat stres dan malah tidak bisa konsentrasi untuk segera mengerjakan berbagai tugas tersebut. Kemudian suatu ketika organisasi yang sedang dia ikuti memberikan dia tugas untuk segera membuat sebuah banner acara dengan deadline yang mepet juga. Dapatkan e-newsletter Hotcourses berisi informasi universitas dan beasiswa serta ideas berguna langsung di inbox kamu. Kafe, restoran, dan grocery store juga merupakan tempat-tempat yang sering memperkerjakan mahasiswa.