Sukses Kuliah Sambil Kerja

Sesuaikan dengan banyaknya mata kuliah dan pekerjaan di kantor supaya Anda bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Kalau bisa, pilih jadwal kuliah dalam beberapa hari saja, sisanya bisa Anda gunakan untuk pergi ke kantor. Sebagai mahasiswa yang bertanggung jawab, Anda juga harus tetap memperhitungkan waktu dan juga energi untuk mengerjakan tugas kuliah.

Program lain yang kerap ditawarkan bagi calon mahasiswa yang kerja sambil kuliah adalah program reguler kelas sore. Hampir sama dengan program kuliah kelas karyawan yang mengharuskan mahasiswanya untuk datang ke kampus, program ini diselenggarakan setiap hari dengan jam kuliah sore hingga malam hari. Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan pekerjaan saat ini tentu akan sangat membantumu dari sisi pendidikan dan pekerjaan. Teori yang didapatkan dari kampus bisa langsung diaplikasikan di tempat kerja.

Diharapkan dari organisasi ini bisa menunjang nilai indeks prestasi dari mahasiswa tersebut. Mahasiswa memiliki posisi dan peran sebagai social management, agent of change dan the long run leader. Sebagai bagian dari kaum muda di dalam tatanan sebuah masyarakat, mahasiswa mau tidak mau akan terlibat langsung di dalam setiap fenomena sosial. Bila saat ini anda sedang memiliki tugas untuk menyelesaikan program skripsi. Kebiasaan mahasiswa adalah senang mengerjakan tugas ketika menjelang deadline. Efeknya mungkin tidak terasa saat ini tetapi akan terasa di masa depan anda.

Bekerja dan kuliah pada waktu yang bersamaan tentu saja awalnya akan menjadi hal yang sulit untuk Anda lakukan. Untuk bisa melaluinya, Anda harus berani nekat melawan rasa capek dan juga tetap disiplin dengan melakukan kedua kegiatan tersebut secara maksimal dan tidak berat sebelah. Cukup dimulai dengan langkah awal yang simpel saja, yaitu membuat jadwal kuliah dan pekerjaan Anda tidak bentrok satu sama lain. Jangan lupa untuk selalu selesaikan pekerjaan tepat waktu di kantor, dan sisihkan waktu lebih dalam sehari untuk mengurus tugas-tugas di kampus.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Jika keuangan orang tua memungkinkan tidak ada salahnya pilihan pertama yang diambil. Pilihan kuliah sambil bekerja merupakan pilihan yang umumnya untuk mereka yang ingin kuliah tapi ada kendala keterbatasan dana. Pilihan ini bisa diambil tapi harus benar-benar dipersiapkan dan di pikirkan dengan matang. Persiapan bisa dimulai dari mencari perguruan tinggi yang membuka program kuliah untuk kelas karyawan. Bagi kamu yang mengambil kelas kuliah sambil kerja, pastikan untuk bisa mengatur waktu di antara keduanya. Jangan sampai jadwal perkuliahan bentrok dengan pekerjaan di kantor.

Tentunya penting juga bagi kamu untuk menjaga dan memperhatikan kesehatan mengingat waktu kamu bekerja dan kuliah akan cukup menyita waktu kamu. Belum lagi dengan rentetan tugas dari kampus yang harus kamu kerjakan. Persiapan yang matang dan mengikuti beberapa ideas bisa menjadi solusi untuk kelancaran bekerja sambil kuliah kamu. Meski telah menjadwalkan kegiatan dengan baik, seringkali kamu masih memiliki waktu luang di antara jadwal kelas. Jika kamu ingin hidup dengan lebih teratur, kamu dapat memanfaatkan waktu luang tersebut untuk mencicil tugas kuliah atau melakukan kegiatan bermanfaat seperti membaca buku.