Suggestions Untuk Kamu Yang Kuliah Dan Bekerja Di Waktu Bersamaan

Universitas harus melampirkan surat yang mengijinkan mahasiswa tersebut untuk bekerja, dan menyertakan tanggal libur. Tergantung kondisi, mahasiswa bisa saja diijinkan untuk bekerja lebih dari 20 jam per minggu. Apalagi jika kamu tinggal di tempat yang banyak mahasiswa Indonesianya. Kamu bisa mengajak beberapa teman-teman untuk memulai usaha catering.

Anda juga tidak punya waktu untuk mengikuti aktivitas pengembangan diri seperti organisasi kampus. Kesuksesan dapat diraih baik di bidang akademik maupun tempat kerja. Menjalankan pendidikan di perguruan tinggi sambil bekerja bukanlah hal yang sulit jika mampu untuk memanage waktu dengan baik. Kemauan adalah hal utama yang dibutuhkan supaya cara-cara yang sudah diterangkan di atas bisa berguna langsung.

Jika kamu mempunyai kegiatan-kegiatan yang memiliki jadwal yang sama, kamu harus menentukan kegiatan mana yang lebih penting untuk dilakukan. Jika memungkinkan, kamu juga bisa mengalokasikan kegiatan yang tidak diprioritaskan pada waktu tertentu ke waktu yang lain. Jika kegiatanmu tidak memungkinkan untuk ditunda, maka janganlah menunda kegiatan tersebut.

Di sisi lain dengan pengalamanmu bekerja di bidang tersebut, kamu jadi lebih mudah juga memahami materi yang diajarkan di kampus. Ya itu memang pilihan yang sulit, tapi semua itu bisa kita lewati jika kita bisa memanfaatkan waktu yang ada. Sehingga langkah yang paling baik adalah harus benar-benar bisa manajemen waktu dengan baik. Agar tidak menyesal nantinya, kamu harus pandai memanfaatkan waktu yang kamu miliki dengan kegiatan berguna. Misalnya membuat jadwal harian yang dimulai dari bangun tidur sampai tidur lagi di malam hari. Pastikan tidak ada jadwal kuliah dan kegiatan organisasi yang saling bertabrakan.

Misalnya, pengalaman baru, belajar disiplin, tambah kenalan, atau belajar untuk me-manage waktu. Salah satu cara menghasilkan uang yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan kerja sampingan alias part time. Sekarang ini ada banyak kok pekerjaan untuk mahasiswa dari berbagai bidang yang bisa kamu coba. Penerima beasiswa dari Universitas Paramadina untuk program Magister jurusan Hubungan Internasional ini dengan tegas mengatakan jam kerja harus digunakan seketat mungkin.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mengajukan permohonan beasiswa kepada perusahaan tempat kamu bekerja, lho! Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mempraktikkan langsung ilmu yang kamu dapatkan di kampus dan mengaplikasikannya saat bekerja. Kamu juga bisa sambil bertanya dengan rekan kerja kamu untuk menambah pengetahuan mengenai bidang yang sama dengan jurusan kamu. Pilihan lainnya kamu bisa juga mencoba menjadi seorang tutor untuk mengingat kembali beberapa ilmu yang telah kamu pelajari sebelumnya. Beristirahat atau bersantai dengan cukup ibarat “charging” yang akan memberimu lebih banyak energi untuk melanjutkan aktivitas di hari berikutnya.

Saat anda memutuskan untuk melanjutkan studi alias kuliah lagi, anda juga sewajibnya menjalin komunikasi yang baik dengan atasan. Namun, beda dengan situasi tugas kuliah dan tugas magang yang bersamaan, seiring waktu akan terus bertambah dan sistem kebut semalam mungkin enggak bisa kita lakukan. Jadi, cobalah untuk mencicil tugasmu sedikit demi sedikit, meskipun hanya beberapa kalimat hal tersebut akan mengurangi beban tugasmu, lho. Ketika memutuskan untuk kuliah sambil kerja, ini adalah pilihan.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Berbagai pandangan yang dikemukakan menjadi pro dan kontra tersendiri dalam pembahasan mengenai “Kuliah Sambil Kerja Part Time di Indonesia? Mereka yang menyatakan pro, cukup positif dan optimis terhadap pengembangan diri siswa yang dituntut mengemban tanggung jawab lebih disamping melakukan kewajiban sebagai pelajar. Sementara mereka yang kontra, memandang pekerjaan part time dapat mengganggu waktu atau konsentrasi belajar dari siswa yang seharusnya fokus pada kewajiban utamanya.