Strategi Dan Kiat Sukses Menjadi Wirausaha Muda

Misalkan, Anda ingin sekali menjual pisang goreng karena terinspirasi dari sebuah kedai yang sangat laris di dekat rumah. Kalian bisa tiru usaha tersebut dengan menambahkan hal lain yang lebih menarik, seperti memberikan ekstra topping yang berbeda coklat, strawberi ataupun matcha. Ketika memutuskan untuk menjadi pebisnis pemula, Anda harus memfokuskan diri kepada hal yang saat ini sedang dilakoni. Jangan tergoda dulu untuk investasi sana sini atau melakukan perubahan di banyak tempat. Misalnya saja Anda menetapkan goal customer sekian ratus orang dalam sebulan.

Cara menjadi pengusaha muda

Jika hobi yang kita punya bisa mendatangkan uang, mengapa tidak menjadikannya sebagai sebuah bisnis yang menyenangkan? Jika kita membuka bisnis yang berawal dari hobi, hal ini memungkinkan kita untuk menambah daya semangat, karena kita melakukan dua hal yang kita sukai secara bersamaan yakni hobi dan bisnis. Jika Anda mengikuti komunitas dari hobi yang ditekuni, maka sebagai permulaan Anda tak perlu repot repot untuk mencari target pasar dan mempromosikannya. Pastikan Anda siap untuk menghadapi kegagalan dan selalu berani untuk mengambil risiko dari setiap keputusan yang dibuat. Jangan pernah takut untuk belajar dari kegagalan yang Anda alami. Hal yang harus diingat adalah, karena Anda sudah pernah mengalami sebuah kegagalan, maka hal itu menjadi pelajaran yang luar biasa.

Dalam hal motivasi, rekan pembaca bukanlah seorang yang harus mendapatkan semangat dan dukungan dari orang lain, karena semua sumber motivasi datang secara alami dari dalam diri Anda sendiri. Nah, rasa motivasi yang stabil ini akan mengarahkan rekan pembaca untuk memulai bisnis dari sekarang. Ini mengindikasikan bahwa rekan pembaca juga sudah siap membangun bisnis atau perusahaan sendiri. Rasanya tiada hari tanpa bersemangat memikirkan ide-ide bisnis baru, memutar otak untuk mencari jalan terbaik dalam memulai bisnis, bersemangat untuk mencari modal, dan lain sebagainya. David Karp mengawali karirnya dengan pindah menuju Tokyo agar dapat fokus untuk mempelajari pemrograman komputer.

Akan tetapi, penolakan tersebut tidak menyurutkan langkahnya. Selama kurun waktu dua tahun, William berjuang mendirikan mal online. Berkaca dari perjalanan Bob Sadino, artinya ada proses yang harus dilewati untuk meraih kesuksesan. Begitu pun dengan tokoh-tokoh di bawah ini—mereka telah menjalani proses panjang sampai mencapai puncak prestasi bisnis. Melalui kisah berikut, mari simak inspirasi dan suggestions dari para tokoh.

Jika seseorang sukses di usia muda, ia bisa merasakan kenyamanan fasilitas penunjang kehidupan yang tersedia. Cara menjadi pengusaha muda yang sukses memang tidak mudah, tetapi dengan usaha yang tepat, ketekunan, semangat dan tak putus berdoa maka bisnis itu akan menjadi bisnis yang menguntungkan dan bermanfaat. Jika ingin sukses di usia matang, tentu Anda harus menjalankan bisnis dimulai dari sekarang yaitu di usia muda.

Bulatkan sebulat – bulatnya dahulu niat yang ada di dalam hati kita. Hasrat terbaik adalah hasrat yang terbangun dari diri sendiri untuk mencapai kebebasan finansial dan waktu. Memulai usaha sejak kamu masih duduk di bangku kuliah justru memberikan banyak keuntungan. Kamu bisa berdiskusi dengan dosenmu untuk membantu mengembangkan bisnismu atau mencari tim bisnis dari kelompok kuliahmu. Selain itu, menumbuhkan bisnis kecil-kecilan saat kuliah dapat membantumu memiliki pekerjaan pasti setelah lulus nanti. Melihat hal ini, ibu mereka pun bersedia untuk membantu agar bisnis anak-anaknya semakin berkembang.

Menurut Sarah Gerber, co-founder dan CEO Zero Gap, memikirkan pendapat orang lain tentang diri kita adalah hal yang tidak diperlukan dan dapat membuang waktu berharga yang kita miliki. Menurut Beth Monaghan, CEO dan co-founder InkHouse, pebisnis itu harus percaya pada diri sendiri, ide-ide serta kemampuannya. Jangan menghabiskan masa awal karir dengan hanya memikirkan cara menuju kesuksesan, namun juga melakukan tindakan untuk mencapai kesuksesan. Sebuah bisnis tidak akan tahu apakah akan bertahan di tempat atau bisa lebih berkembang bahkan maju, jika pemimpinnya tidak berani mengambil risiko yang lebih besar lagi. Mindset pebisnis harusnya menjadikan risiko sebagai tantangan yang harus ditaklukkan, bukan sebagai hambatan yang membelenggu jalannya suatu bisnis. Sebagai pebisnis, sangat penting juga memperlakukan diri dengan baik.

Hingga akhirnya saya belajar dari biografi orang-orang sukses dengan menjadikan kegagalan menjadi cambuk semangat untuk bangkit lagi,”papar Hamzah. Saat ini Indonesia patut berbangga dengan banyaknya pengusaha muda yang telah bermunculan dan mampu mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Terlebih saat ini, Indonesia harus menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang mengharuskan masyarakat dapat menghasilkan karya kreatif dan inovatif untuk memenangkan Masyarakat Ekonomi ASEAN saat ini. Anda sebagai calon pengusaha muda pasti membutuhkan bantuan dari tim solid anda.