Pengertian Potensi Diri, Ciri, Jenis, Faktor, Kemampuan, Contoh

Jika seseorang tidak pernah mendapat masalah dalam hidupnya kemungkinan orang tersebut akan mudah rapuh karena tidak terbiasa menghadapi sesuatu yang sulit. Untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul tersebut haruslah dipikirkan dengan kepala dingin atau tenang. Ada berbagai cara yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan kemampuan problem fixing.

Cara mengasah kemampuan diri sendiri

Ketiga hal tersebut akan membawa mereka menjadi dan berdaya guna sehingga pada gilirannya mampu meraih ijazah termulia yakni ijazah atau pengakuan dari masyarakat. Pengembangan diri bidang akademik terfokus pada kegiatan yang relevan dengan mata kuliah pada yang kita ambil, sedangkan pengembangan diri bidang non akademis disesuaikan dengan minat masing-masing mahasiswa. Berikut adalah beberapa contoh bentuk kegiatan pengembangan potensi akademik dan non mahasiswa.

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memahami perasaan diri sendiri dan perasaan orang lain sehingga seseorang dapat lebih mudah bergaul dengan orang lain. Si Kecil dengan kecerdasan emosional tinggi bisa sangat ramah, optimis, dan memiliki kemampuan lebih dalam memecahkan masalah. Nah, itu dia 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan dan memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri Anda. Pada dasarnya, setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda dan tidak semua potensi tersebut dapat keluar dan disadari oleh orang tersebut. Terkadang, membutuhkan usaha dan waktu lebih untuk sadar dan juga membuka diri terhadap potensi tersebut.

Tak jarang, banyak orang di luar sana yang mengesampingkan atau tidak mengasah potensinya tersebut yang akhrinya hilang begitu saja. Untuk itu, tentunya sangat dianjurkan untuk selalu mengetahui dan memaksimalkan potensi yang ada di diri setiap orang. Setiap orang masing-masing memiliki target hidupnya sendiri, entah itu jangka pendek ataupun jangka panjang.

Sehingga, saat “hadiah tertinggi” kelak kita dapati, sukses itu juga bisa kita nikmati bersama orang-orang yang mendukung pencapaian kita. •Carilah hal-hal yang kita sukai dalam hidupsehingga mampu membuat kita bahagia. Biasanya, saat kita melakukan sesuatu dengan penuh cinta, maka kita akan merasa sangat menikmati kegiatan tersebut. Carilah, apa saja hal yang sering kita lakukan, tanpa ada orang yang menyuruh. Carilah, apa hal yang membuat kita selalu merasa antusias untuk melakukannya. Dari sana, kita akan menemukan “hadiah-hadiah” yang barangkali sempat terlupakan.

Di sinilah sikap empati membuat seseorang mau melihat dengan kacamata lebih luas terhadap apa yang terjadi di dunia. Topik yang dibicarakan tentu bukan basa basi tentang cuaca, namun memahami perspektif dari kacamata orang lain. Sikap empati tentu berperan penting ketika berada di posisi ini. Sadari betul bahwa ketika ada orang bercerita tentang kesulitan yang dihadapinya, tugas pendengar adalah mendengarkan, bukan untuk memberi jawaban. Walking in one another’s shoes adalah istilah yang disematkan untuk sikap empati.