Meningkatkan Kualitas Pemuda Indonesia

Selain ada mata pelajaran dan mata kuliah, kamu juga bisa mengambil kursus bahasa Inggris. Berusaha juga untuk meningkatkan kemampuan diri dengan membaca buku/artikel serta nonton movie/tayangan berbahasa Inggris. Baik upward maupun downward social comparison dapat mempengaruhi rasa percaya diri, motivasi dalam diri, dan sikap seorang individu baik menuju kearah positif maupun negatif. Maka proses ‘perbandingan’ yang dilakukan harus diperhatikan dan dikontrol dengan baik agar membuahkan hasil positif bagi psikologis diri sendiri pula.

Cara mengasah kemampuan diri sendiri

Keterampilan dimaksud misalnya CALISTUNG, atau abilities membaca menulis dan berhitung. Pendidikan degree menengah merupakan upaya penggalian untuk memperkuat dan mempertajam pengetahuan yang telah diperoleh pada level sebelumnya. Sedangkan perguruan tinggi memberikan peluang kepada para pembelajar untuk menentukan arah hidup mereka karena tahap ini merupakan proses pendewasaan. Selain itu, mengeyam pendidikan tinggi juga menjadi tahap persiapan untuk menghadapi tantangan hidup setelah lulus dari bangku kuliah atau college students’ preparation for all times after college . Pendidikan non formal di alam terbuka dilakukan untuk menanamkan kepercayaan dalam jiwa anak-anak bangsa bahwa keadaan di negeri ini dapat diperbaiki.

Dengan berkonsentrasi, nggak menutup kemungkinan lo bakal bisa memindahkan benda hanya menggunakan kekuatan pikiran. Cara yang bisa lo lakukan adalah cobalah mengambil kertas bergambar. Apa menurut lo selama ini lo sudah cukup berempati terhadap orang-orang di sekitar lo? Ternyata kemampuan berempati ini juga bisa mendukung kemampuan supranatural lo.

Selagi kita masih menjadi mahasiswa, alangkah baiknya untuk mulai mengikuti kegiatan – kegiatan yang dapat membuat kita lebih terampil seperti seminar, kegiatan organisasi, kerja kelompok dll. Anak memiliki hobi, minat, atau kesenangan yang diperjuangkan untuk diakui dan menolak pelaksaan kegiatan yang tidak diminati. Anak terlihat menikmati melakukan kegiatan sendiri, tidak banyak meminta pertimbangan orang lain, dan mampu menyelesaikan kegiatan dengan baik. Akan tetapi, kecerdasan juga menggambarkan kemampuan peserta didik pada bidang seni, spasial, olahraga, berkomunikasi, dan cinta akan lingkungan.

Ia kemudian membandingkan aspek kehandalan tersebut dengan dirinya yang kurang handal atau telaten dalam merias diri. Perbandingan tersebut kemudian memotivasinya untuk mengasah kemampuan dan kelihaiannya dalam berhias hingga ia bisa menggunakannya untuk keseharian seperti teman-temannya. Hambatan yang telah dipaparkan sebelumnya, perlu diatasi agar informasi yang dikomunikasikan dapat tersampaikan dengan baik dan komunikator serta komunikan memahami maksud dari informasi tersebut. Mengatasi hambatan yang terjadi, dapat dilakukan dengan mengasah kemampuan komunikasi. Dengan demikian, memahami bagian penting dalam komunikasi dan mengetahui caranya, menjadi penting dalam mengasah kemampuan komunikasi.

Hindari mengekang anak sehingga ia tidak mendapatkan kesempatan untuk belajar di lingkungan sosialnya. Kemampuan sosial tak hanya wajib dimiliki oleh orang dewasa saja, anak pun perlu memiliki kemampuan sosial dalam mendukung tumbuh kembangnya. Kemampuan sosial merupakan suatu bentuk sosialisasi, dimana anak akan mulai berinteraksi dengan orang lain dalam lingkungannya. Setiap manusia diciptakan berbeda-beda, memiliki cara yang berbeda-beda untuk mencapai tujuannya masing-masing, dan mendapatkan hasil yang beragam sesuai kemampuannya. Maka apabila orang-orang terlihat sukses, bukan berarti Anda tidak mampu atau tidak pantas.

Sosial media saat ini sangat menguntungkan, bisa untuk diskusi, bisa juga mencari nafkah. Dan jangan sukaunfriendorang yang berbeda pandangan dengan kita, jangan gunakanfacebookatau sosmed sebagai curhatan. Strategi ini yang menjadi penting sejalan dengan perubahan yang ada. Dari pengamatan saya, bahwa hal yang tidak akan hilang selama dunia ini ada yaitu interaksi antar manusia dengan manusia, apapun bentuk platform yang digunakan, tetap kita harus berinteraksi. Bahwa akan ada perubahan gaya komunikasi menjadi lebih efisien lagi, tentu!