Mengatur Waktu Untuk Mahasiswa

Bukan hanya asal mengerjakan, tapi upayakan mengerjakannya sebaik mungkin. Dosen pasti akan mengapresiasi usaha yang kamu lakukan dalam mengerjakan tugas dengan mengganjar nilai bagus. Kamu bisa mulai berhitung untuk bisa lulus kuliah tepat waktu.

Ketika anda memutuskan untuk kuliah sambil bekerja, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengatur pengeluaran harian. Kenali dan hitung dengan cermat berapa biaya yang biasa anda keluarkan dalam sehari. Bila perlu buatlah rincian tentang apa saja yang anda butuhkan dalam sehari seperti biaya makan, transportasi, web, dan sebagainya. Dengan membuat daftar pengeluaran, anda lebih bisa mengontrol penggunaan uang.

Selesaikan tepat waktu setiap pekerjaan yang diberikan oleh kantor. Apabila diperlukan, jangan membawa pulang deadline pekerjaan tersebut. Hal ini juga perlu dilakukan untuk meminta dispensasi kepada pembimbing atau dosen ketika harus keluar kota untuk tugas kerja. Mahasiswa tidak perlu cuti kerja yang berujung pemotongan gaji. Mahasiswa juga tidak akan memperoleh hukuman , karena sudah terbuka dan dikonsultasikan dengan pihak kampus dan dosen. Refreshing dengan rekan kerja boleh dilakukan agar tidak “mumet” atau bosan di tengah-tengah pekerjaan.

Kuliah tepat waktu juga akan menjadi hal yang utama untuk mengatur keuangan ketika bekerja sambil kuliah. Meskipun waktu anda banyak tersita namun seimbangkanlah kuliah dengan pekerjaan agar waktu untuk lulus tidak tertunda hanya karena bermasalah pada absen atau tidak mengerjakan tugas. Cara ini biasa ditempuh oleh orang yang bekerja sambil kuliah tetapi memiliki dana yang pas-pasan. Agar semuanya bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan biaya, Anda bisa mencari freelance atau pekerjaan tambahan supaya ada dana lebih yang masuk setiap bulannya. Cara ini tentu sangat membantu sekali dan patut untuk dilakukan.

Tips yang pertama kamu bisa memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kamu saat kuliah. Dengan adanya kesamaan antara pekerjaan dan bidang keilmuan yang kamu tekuni di kampus akan membuat pekerjaan kamu terasa lebih mudah karena kamu cukup menguasainya. Bisa saja hal-hal yang kamu pelajari saat bekerja merupakan pengetahuan baru yang tak kamu temukan di bangku kuliah.

Olahraga dan konsumsi makanan sehat akan memberikan energi pada tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Memiliki tubuh yang bugar tentu berdampak pada konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Anda bisa memilih akhir pekan untuk berolahraga atau melakukan stretching di sela-sela bekerja. Selain itu, Anda juga bisa belajar dari ritual menurut ajaran islam, yaitu salat yang harus dilakukan lima waktu dalam satu hari.

Setelah itu, rencanakan untuk mampir mengambil baju di penatu. Gunakan pengaya Leechblock dari Firefox untuk membatasi akses ke situs web tertentu selama beberapa jam sehari. Kalau Anda lebih memilih tidak menggunakan web sama sekali, gunakan aplikasi Freedom untuk memblokir akses via web selama 8 jam. Manfaatkan waktu dengan selalu bekerja saat Anda harus menunggu.

Di sela-sela kesibukan kuliah sambil kerja, suggestions selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyisihkan waktu untuk diri kamu sendiri. Bisa untuk beristirahat, olahraga, memanjakan diri atau bermain dengan teman-teman. Hal ini berguna untuk merelaksasikan pikiran kamu selama sibuk kuliah sambil bekerja.

Bekerja tanpa menganggu waktu belajar

Misalnya dalam satu hari, RoomMies harus ibadah, makan, membereskan kamar kost, olahraga, dan mencuci baju. Tulis daftar kegiatan dan pekerjaan yang ingin dikerjakan dalam satu hari di selembar kertas, lalu letakkan kertas tersebut di tempat yang sering RoomMies lihat. Artikel ini akan membantu kamu untuk dapat membagi waktu kulah, santai, bahkan menghasilkan uang di luar kegiatan kuliah seperti dilansir dari College Board. Universitas Terbuka terkadang juga menyediakan tutorial yang bisa anda ikuti.