Mau Kuliah Sambil Kerja? 5 Cara Ini Akan Buatmu Nggak Keteteran Mengatur Waktu!

Pengalaman yang didapat dari bekerja sambilan nantinya dapat dipakai saat akan mencari pekerjaan sesungguhnya nanti. Direktur Jendral di Imigrasi Malaysia berhak menerima atau menolak pengajuan ijin kerja mahasiswa internasional, sesuai dengan bagian 9 Immigration Act 1959/1963 Amendment 2002. Jika membawa keluarga, keluarga mahasiswa juga dapat bekerja hingga 20 jam per minggu jika mendapatkan ijin kerja. Kamu harus terbiasa dengan jam kerja sibuk, mencatat orderan dengan cepat, menghidangkan makanan dan pekerjaan lainnya.

Kadang bahkan kita tidak memiliki waktu untuk mengerjakan salah satu tugas tersebut sehingga menyebabkan pekerjaan yang tertunda. Ini dapat menyebabkan beberapa mahasiswa harus rela untuk berhenti kuliah dan meneruskan pekerjaan mereka supaya nantinya bisa kembali kuliah. Belajar dari pengalaman ternyata masih banyak dari kalangan mahasiswa yang kesulitan mengatur waktu selama kuliah daring. Kewajiban untuk membagi waktu antara kuliah, tugas tambahan, dan pekerjaan rumah menjadi tantangan tersendiri selama kuliah di rumah saja. Cukup banyak juga mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yang mampu berprestasi di tempa kerja juga di tempat mereka kuliah.

Selain itu, perusahaan juga tidak perlu dirumitkan seperti mengurus kontrak, kewajiban pemberian jaminan, dan sebagainya. Undang-Undang ini mengatur dengan jelas tentang umur minimum seseorang untuk bekerja. Negara-negara yang fasilitas perekonomian dan pendidikannya belum dikembangkan secara memadai dapat menetapkan usia minimal 14 tahun untuk bekerja pada tahap permulaan. Umur minimal yang lebih rendah untuk pekerjaan ringan ditetapkan pada umur thirteen tahun. Sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Harvard Extension School menunjukkan penelitian yang dilakukan oleh Georgetown University .

Mengatur waktu bukanlah kemampuan yang bisa datang begitu saja. Seperti penjelasan pada poin sebelumnya, sebagai mahasiswa fokus utama Anda adalah belajar dan mendapatkan gelar sarjana. Jika Anda ingininternship, sebaiknya pilih pekerjaan yang menawarkan fleksibelitas tinggi.

Kemudian lakukan mekanisme PDCA, plan-do-verify-motion terhadap rencana itu. Tentu saja dengan menghindari teman teman yang berperilaku poisonous. Kalau diartikan secara harfiah, teman toxic adalah teman yang beracun, artinya mereka yang selalu memberikan efek negatif dalam hidupmu. Saat kamu bekerja sambil kuliah kamu tak hanya menambah uang saku kamu untuk jajan, membeli barang yang kamu inginkan membayar kostan, membeli buku, atau menambah uang liburan kamu. Pengalaman yang kamu dapatkan saat bekerja sambil kuliah akan sangat membantu kamu saat kamu lulus kuliah dan langsung terjun di tengah masyarakat.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat jadwal secara rinci. Buatlah jadwal yang jelas dan juga rinci perihal waktu dalam bekerjadan juga waktu dalam berkuliah. Anda bisa menggunakan smartphone ataupun catatan-catatan kecil untuk menuliskan jadwal-jadwal tersebut. Yang paling penting dalam poin ini bukanlah jadwal yang Anda buat, melainkan kedisiplinan Anda dalam melaksanakan jadwal yang sudah dibuat.

Bagaimana bila Anda perlu melakukan hal yang mengharuskan Anda mengerjakan beberapa hal sekaligus, alias multitasking? Selalu selesaikan porsi pekerjaan terpenting dan yang paling menghabiskan waktu dan energi di awal hari. Setelah selesai, Anda akan merasa lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya yang jauh lebih mudah. Kamu perlu mencari data cara mendapatkan beasiswa dengan serius dan teliti. Bisa mulai dari kantormu sendiri, lho karena ada beberapa perusahaan yang memberikan sedikit dana untuk mendukung pendidikan karyawannya.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Hal pertama yang perlu dilakukan sebagai cara mengatur waktu bagi mahasiswa adalah dengan membuat catatan jadwal kegiatan mingguanmu. Dengan hal tersebut kamu akan dengan mudah menentukan waktu padat dan waktu luangmu agar bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya. Selain kegiatan belajar di kelas atau praktikum di laboratorium, ada berbagai kegiatan lainnya yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Kegiatan ini sangat variatif dan berbeda bagi setiap mahasiswa. Misalnya ada yang bergabung dengan klub bakat dan minat, kelompok penelitian, hingga mendaftar sebagai asisten dosen. Ada pula mahasiswa yang mulai bekerja paruh waktu dan memanfaatkan segala kesempatan internship.