Manajemen, Mengatur Diri Sendiri Di Rumah

Biasanya saat anak belajar malam dan saya kerjaan laporan harian, suamilah yang mendampingi anak-anak untuk belajar. Jadwal harian saya sempat berantakan, bahkan pekerjaan kantor banyak yang telat dikerjakan. Belum lagi kerjaan rumah yang semakin banyak, dari setrikaan dan lainnya. Karena memang saya tidak pernah mau memiliki asisten rumah tangga.

Totalitas yang anda wujudkan akan dihargai sebagai sebuah bentuk kerja keras yang belum tentu dimiliki oleh orang lain. Mahasiswa yang kuliahnya cepat selesai belum tentu mahasiswa tersebut cerdas. Tetapi mahasiswa itu rajin dalam hal apapun baik dalam hal bimbingan ataupun dalam proses belajarnya. Sebenarnya tujuan utama seorang mahasiswa yaitu untuk kuliah dan bisa lulus tepat waktu. Tetapi memang tidak dapat dipungkiri bahwa organisasi yang ada di kampus akan membantu anda untuk bisa bersosialisasi di masyarakat. aktivitas kuliah dan pekerjaan bisa berjalan berdampingan dan harmonis, kita harus pandai menentukan prioritas.

Untuk mengatur waktu, kita harus tahu dulu kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Misalnya nih saya bekerja sebagai seorang freelancer,selain ngurusin keuangan 1 toko dan mengatur keuangan pribadi bos saya, juga bekerja sebagai admin sosial media. Kalau anak-anak sekolah dengan jadwalnya 2-3 pelajaran setiap hari. Kebanyakan mahasiswa tidak benar-benar mengingat jadwal sehari-hari mereka sehingga waktu luang seringkali tidak dapat dimanfaatkan dengan baik. Hal pertama yang perlu dilakukan sebagai cara mengatur waktu bagi mahasiswa adalah dengan membuat catatan jadwal kegiatan mingguanmu. Dengan hal tersebut kamu akan dengan mudah menentukan waktu padat dan waktu luangmu agar bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya.

Ini yang harus dipelajari ketika memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Perlu dipahami jika menjalankan kedua aktivitas tersebut secara bersamaan bukanlah hal yang mudah. Cara lain yang bisa Anda pilih adalah dengan memaksimalkan pinjaman KTA dari financial institution terbaik di Indonesia. Selanjutnya tentukan goal kelulusan, bila Anda ingin kuliah S2 misalnya, tentukan target dua tahu, agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Semakin lama masa studi akan semakin besar biaya yang di keluarkan.

Bekerja tanpa menganggu waktu belajar

Banyaknya kesibukan terkadang menjadikan diri seseorang merasa lupa bahwa tubuhnya juga ingin diperhatikan. Bila ternyata ada jadwal yang sudah tidak terlaksanakan anda bisa dengan segera mencari solusinya. Dengan melakukan evaluasi pengaturan jadwal, maka anda bisa mengatur jadwal dengan semakin baik daripada yang sebelumnya. Bila anda sudah terbiasa, anda bisa lebih merapatkan jadwal sesuai dengan keinginan anda Tentunya dalam hal ini harus dengan catatan anda yakin dan bisa melaksanakannya. Di dalam berorganisasi mahasiswa mencoba ba menggali ilmu baru dan pengalaman baru yang bermanfaat. Diharapkan dari organisasi ini bisa menunjang nilai indeks prestasi dari mahasiswa tersebut.

Tidak semua mahasiswa memiliki uang melimpah untuk bisa bertahan saat sedang kuliah. Seperti yang diketahui ada banyak biaya yang harus dikeluarkan, seperti biaya makan, kosan, praktikum, UKT dan sebagainya. Supaya tetap bisa bertahan dan menyelesaikan kuliah banyak di antaranya yang memilih untuk kuliah sambil bekerja. Hal ini bukanlah sesuatu yang mudah tetapi jika mengetahui trik cara kuliah sambil kerja maka semuanya akan berjalan dengan baik. Kamu tidak perlu khawatir mengenai biaya kuliah dan bisa kuliah free of charge.

Harapannya, pengalaman bekerja yang didapatkannya bisa membantu mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Hanya saja tidak semua bisa membagi waktu antara kuliah dengan tempat kerja. Ada juga program “pupil loans” sebagai solusi agar bisa kuliah walaupun tak memiliki biaya. Dengan program ini, Anda akan mendapatkan bantuan dana kuliah lalu dapat dilunasi setelah bekerja. Memang betul biaya pendidikan di Indonesia cukup tinggi, namun bukan berarti dengan tingginya biaya tsb menyurutkan niat Anda untuk kuliah. Percaya deh selama Anda punya niat dan kemauan yang kuat maka tak ada yang tak mungkin.