Mahasiswa, Bagaimana Mengatur Waktu?

Jika pasangan tinggal bersama Anda dan anak-anak, ajaklah mereka untuk duduk bersama dan mendiskusikan jadwal belajar yang Anda rencanakan. Anda dapat meminta bantuan dan dukungan mereka sementara Anda berusaha meluangkan waktu untuk belajar sepanjang hari. Mengasuh anak harus menjadi upaya bersama dan pasangan harus bersedia mendukung tujuan pendidikan Anda.

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan sedikit waktu untuk bersantai, tidur atau melakukan hal di luar pekerjaan yang terjadwal setiap hari. Dalam membuat perencanaan apa yang akan dilakukan maka harus ada pembatasan. Rencana yang banyak dan tidak menghasilkan, justru akan membuat manajemen waktu yang Anda buat semakin kacau dan tentu saja hasilnya tidak akan sesuai harapan. Jika gagal mengelola waktu maka bisa merusak keefektifan dan menyebabkan stres. Begitu berharganya waktu, maka jika tidak diisi dengan kegiatan yang positif dan produktif, maka hanya akan berlalu sia-sia.

Oleh karena itu, sebagai mahasiswa hendaknya mengerjakannya dengan menggunakan segenap kemampuannya. Sering kali orang mengambil keputusan untuk berkuliah di kelas karyawan karena menyesuaikan dengan kebutuhan akan jenjang karier yang lebih tinggi. Banyak kampus yang menawarkan kelas karyawan dengan masa tempuh perkuliahan yang lebih singkat. Tentunya ini berlaku untuk karyawan yang sebelumnya sudah punya bekal ijazah diploma, baik diploma I, II, maupun III. Nah itulah trik rahasia cara kuliah sambil kerja tidak berantakan.

Tanyakan kepada konselor atau penasihat akademik tentang layanan untuk mahasiswa ini, atau kunjungi situs internet kampus untuk mencari informasi tentang layanan yang tersedia untuk Anda. Menghadiri kelas memang penting, tetapi tidak cukup untuk mendongkrak keberhasilan. Meski awalnya berat, namun ketika sering dilakukan maka diri anda akan merasa terbiasa untuk bekerja sambil kuliah.

Bekerja tanpa menganggu waktu belajar

Pasalnya, kamu akan disiplin menyelesaikan pekerjaan mu sesuai dengan waktu yang telah di tentukan. Selain membuat pekerjaan mu menjadi lebih ringan, meminta bantuan rekan kerja juga dapat melatih mu untuk belajar percaya terhadap rekan kerja atau pun karyawan yang lainnya. Pasalnya, kamu masih memiliki pekerjaan yang perlu kamu selesaikan lebih dahulu.