Kunci Sukses Atta Halilintar Jadi Youtuber & Pengusaha Muda

Ketika masih menjadi mahasiswa tingkat three, Achmad Zaky pernah menerima sebuah proyek pembuatan program hitung cepat dari salah satu stasiun TV nasional. Dirinya mengakui bahwa sama sekali tidak mempunyai pengalaman dalam membangun program hitung cepat. Saat berkuliah, William Tanuwijaya harus merantau dan belajar menghidupi dirinya dengan menjadi penjaga warnet. William mengambil Jurusan Teknik Informatika dan akhirnya merintis Tokopedia. Niat awal William dalam mendirikan Tokopedia adalah untuk membantu para penjual yang sulit untuk membangun kepercayaan dari konsumennya.

Cara menjadi pengusaha muda

Buatlah pelanggan selalu merasa puas dengan pelayanan yang kamu berikan supaya mereka mau kembali lagi pada produk atau jasa yang ditawarkan. Layanan terhadap pelanggan menjadi faktor penting untuk kemajuan bisnis. Baik itu secara offline atau online, usahakan untuk memberikan pelayanan terbaik pada pembeli, selalu tersenyum dan hangat.

Itu sebabnya, dia pun sanggup membangun kerajaan bisnisnya dengan mendirikan beberapa sektor usaha lain. Jangan salah lho, model ini didirikan oleh seorang pengusaha muda Indonesia yang sudah masuk Forbes Under 30 di tahun 2016. Ali Muharam adalah pengusaha muda Indonesia yang bergerak di bidang makanan. Mungkin kamu acquainted sama produk camilan buatan beliau yaitu, Makaroni Ngehe. Satu kesalahan saja dapat mengakibatkan bisnis Anda tidak mendapatkan keuntungan atau bahkan bangkrut. Namun, Anda memiliki kesempatan untuk belajar dari kesalahan itu dan menjadi pebisnis yang lebih baik.

Dikutip dari nasihat dari Jack Ma seorang Milliarder pemilik Alibaba Group mengatakan “Seorang pebisnis atau entrepreneur sejati tidak mempunyai lawan. Banyak yang bilang bahwa membuat bisnis masih terdengar sulit dan kebanyakan masih memilih kerja sebagai sumber pencaharian utama. Karena seperti yang dikatakan Gary Vaynerchuk, CEO dari Vayner Media di New York, AS, mengatakan bahwa sebuah ide tanpa eksekusi tidak akan terjadi. Anda membutuhkan bukti nyata untuk menghidupkan ide Anda tersebut. Sayangnya, kebanyakan orang hanya sebatas berandai-andai saja.

Jangan terjebak ketika ide-ide Anda yang telah gagal, coba untuk berevolusi agar usaha Anda menjadi efisien dan tanguh. Pengusaha yang sudah berpengalaman mampu membangkitkan usaha mereka saat keadaan sulit. Apa yang dilakukan pengusaha tersebut harus Anda lihat dan pelajari.