Kuliah Sambil Kerja? Tak Masalah, Ini 7 Ideas Agar Hidup Tetap Seimbang Halaman All

Lingkungan pergaulan amat berperan penting dalam pergaulan seseorang. Jika kamu memilih teman yang baik, maka lingkunganmu juga akan positif, Sebaliknya, jika salah memilih teman, sangat mungkin kamu pun akan terjerumus ke jalan yang keliru. Nah, sejak semester 1, kamu bisa coba mengambil SKS maksimum agar bisa cepat lulus.

Semua orang tahu bahwa untuk mendapatkan hasil yang bagus saat kuliah adalah dengan rajin belajar. Namun hal ini terkadang lebih mudah diucapkan daripada dipraktikkan. Selalu ada hal yang menghambat seperti motivasi yang naik-turun, sulit beradaptasi, persoalan dana kuliah, atau masalah lainnya.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Kamu harus paham dengan posisimu saat ini yang sedang bekerja dan kuliah. Kalau kamu terlalu boros dalam bersenang-senang, hal ini akan menguras tenaga dan membuat kemampuan fokus kamu dalam bekerja dan kuliah jadi kurang maksimal. Kamu perlu mengatur waktu, hingga siap kehilangan waktu libur kamu. Jika kamu merasa tidak bisa memenuhi hal-hal ini, maka kamu tak perlu memaksakan diri untuk kuliah sambil bekerja. Meski kuliah sambil kerja di Jerman dirasa mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, kamu perlu mempertimbangkan berbagai hal. Untuk bisa kuliah sambil kerja di Jerman, kamu perlu memahami bahasa Jerman minimal B1.

Gunakan dompet yang terpisah, atau mungkin rekening terpisah dari uang harian, agar lebih mudah mengaturnya. Karena meski sudah dipersiapkan sebaik apa pun, proses kuliah akan mengubah sedikit rutinitas kita sehari-hari, termasuk kondisi keuangan. Karena itu, kondisikan orang-orang di sekitar kita agar mereka kemudian bisa memberikan bantuan yang akan kita perlukan.

Di SMA umumnya kamu akan berada di sekolah untuk mengikuti pelajaran dengan waktu yang sudah dibagi-bagi untuk setiap mata pelajaran, istirahat dan pulang. SMP dan SMA kurikulum nasional di Indonesia menerapkan sistem di mana guru mendatangi kelas sesuai dengan jadwal pasti yang tidak dapat dipilih. Sementara saat kuliah, kamu akan memilih sendiri siapa dosen dan jadwal mata kuliah yang diajarkan. Hal tersebut membuatmu seringkali memiliki jeda waktu antara satu mata kuliah dengan mata kuliah lainnya di hari tersebut. Kamu mungkin akan menemukan satu hari di mana kelas pertama dimulai pukul 08.00 hingga pukul 09.30, tetapi kelas selanjutnya adalah pukul 14.00.

Mahasiswa internasional dapat bekerja hingga 20 jam per minggu pada masa semester berlangsung, dan bekerja tanpa batas pada saat liburan. Tidak dapat menerima kontrak kerja permanen sebelum mengajukan permohonan ijin kerja , misalnya Tier 2. Mahasiswa diijinkan untuk bekerja 20 jam per minggusewaktu semester berjalan, dan bisa bekerja tanpa batas pada saat liburan. Kalau kamu punya hobi foto-foto, kamu bisa bekerja menjadi fotografer. Misalnya, di tempat wisata di Amerika, ada banyak mahasiswa yang membawa kamera Polaroid dan mengambil foto untuk para turis. Jika kamu punya kemampuan berbahasa asing yang baik, dan senang belajar, kamu bisa bekerja sebagai guru les.

Kerja sampingan mahasiswa bukanlah suatu hal yang mustahil di period ini. Ketatnya persaingan menuntut masa muda kita untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kita harus berpikir kritis dan bekerja ekstra demi masa depan yang lebih terarah. Di tengah padatnya jadwal, baik Ombat dan Alldo memisahkan akhir pekan menjadi waktu khusus untuk menyegarkan pikiran.

Masa-masa kuliah adalah waktu yang tepat untuk mengasah kemampuan dan mencari pengalaman sebanyak mungkin. Tentu saja hal paling sulit dalam bekerja sebelum kuliah adalah mengatur waktunya. Kalau kamu bisa mengatur waktu dengan baik tentunya banyak sekali keuntungan yang akan bisa didapatkan.