Kerja Sambil Kuliah? Ini Cara Mengatur Uang Kamu

Pekerjaan sambilan sebagai mentor di lembaga pendidikan atau memberikan les dari rumah ke rumah bagi siswa SMP atau SMA juga bisa kamu jadikan sebagai pilihan lho. Apalagi dengan kondisi pandemi yang seperti sekarang, banyak orang tua yang membutuhkan mentor atau guru les bagi anak-anaknya. Bahkan charge-nya juga bisa diadu dengan yang kerja kantoran, apalagi jika kamu bergabung dengan lembaga khusus. Waktu les atau mengisi kelas bisa kamu sesuaikan dengan jadwal kosong di luar jam kuliah. Dari ketiga alternatif tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Di jam yang sama organisasi yang diikuti menuntut anda untuk wajib hadir di agenda rapat yang penting. Bila anda ingin menyampaikan sebuah hal yang mendesak namun tidak bisa mengkomunikasikan dengan baik. Anda bisa dibilang gagal sebagai pribadi yang baik dimata orang lain. Anda bisa membuat perencanaan dengan detail mulai dari harian, bulanan sampai tahunan.

Bila anda di dalam sebuah organisasi maka sebaiknya saat itu pula organisasikan diri anda untuk masuk ke organisasi. Paling tidak saat anda menentukan prioritas itu artinya anda sudah memiliki bayangan masa depan yang akan dijalankan nanti. Tentu saja hal ini semakin membuat anda semangat agar bisa memaksimalkan setiap waktu supaya tidak terbuang secara percuma. Bila anda sudah masuk ke dalam sebuah organisasi atau komunitas masyarakat dan anda diberi amanah untuk menjalankan kepemimpinan.

Ziah juga memberikan saran untuk temen-temen yang juga ingin menjadi content material author. Mungkin kalian berpikir kalau menjadi penulis artikel adalah kegiatan yang sulit, pemikiran kalian tidak salah karena dalam membuat artikel membutuhkan temper yang bagus. Namun, hal ini tidak akan jadi mudah jika kalian belum mencobanya.

Kamu harus memberitahukan kegiatan kuliah di waktu luang pada rekan tim atau leader. Selain membuat kegiatan menjadi efisien, kamu juga harus disiplin waktu. Menunda pekerjaan karena sesuatu yang ga pressing banget dan ngaret, sudah pasti bikin jadwal kamu berantakan semua. Gunakan waktu sebaik-baiknya terutama untuk belajar dan berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau kolega.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Pilih prioritas mulai dari kuliah kedokteran, pekerjaan di luar kuliah kedokteran, mengembangkan hobi, hingga berkumpul bersama keluarga dan kolega. Efisiensi dalam menggunakan waktu akan menentukan berhasil tidaknya kamu menyelesaikan semua pekerjaan dan tugas kuliah. Ikuti ideas berikut ini untuk memudahkan membagi waktu agar tidak ada tugas dan pekerjaan yang terbengkalai. Himbauan untuk berdiam diri di rumah juga di-iringin dengan penerapan physical distancing, belajar dari rumah dan bekerja dari rumah. Ketika aktivitas belajar yang semula menggunakan tatap muka di dalam kelas, kini harus beralih menggunakan teknologi di dalamnya. “Selanjutnya, buat forum diskusi dengan teman, bisa dilakukan dengan membuat diskusi kelompok sesuai penugasan dosen, misal tugas riset atau makalah.

Entah belajar, mengerjakan tugas, menonton drama secara maraton, atau bermain game, apapun yang kita kerjakan di malam hari membuat kita bangun lebih siang keesokan paginya. Setelah beberapa bulan harus belajar dari rumah, kita pun mulai menyadari bahwa mengatur waktu itu penting. Dari belajar, bermain, olah raga, membantu orang tua, bersantai, dan istirahat kita kerjakan semua di rumah karena pandemi yang sedang merebak. Pilihlah pekerjaan yang dapat menyesuaikan dengan waktu kuliah, baik itu magang, paruh waktu, atau full time.

Berikut ada sejumlah ideas yang bisa kamu terapkan untuk mengatur waktu bekerja dan kuliah supaya bisa berjalan berirama. Kamu dipaksa untuk mengatur waktu antara bekerja, kuliah, hingga mengerjakan tugas-tugas kuliah yang terkadang menumpuk. Dapatkan berbagai informasi lengkap mengenai perusahaan dan pekerjaan yang akan kamu daftar. Mulai dari berapa durasi bekerja yang harus kamu lakukan, hingga gaji kerja part time di jerman. Di tahap wawancara, kamu perlu berbicara dengan sopan dan jadilah diri sendiri.

Baginya, tidak bercanda atau mengerjakan hal lain yang tidak perlu menjadi sebuah kewajiban. Hal ini penting karena ada tugas kuliah yang masih harus dikerjakan di malam hari. Saat ini, program kuliah malam atau kelas karyawan sudah tersedia di berbagai kampus.