Kerja Sambil Kuliah

Mulai sekarang kalian harus setting waktu berapa lama kalian harus memahami materi,” ujarnya. Perkuliahan on-line atau kelas online menjadi metode pembelajaran yang efektif menyikapi diberlakukannya physical distancing akibat merebaknya wabah Covid-19. Namun, bukan tanpa kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan secara daring ini. Segala kendala ini sejatinya dapat diatasi, yakni dengan mengatur waktu dan meminimalisir gangguan.

Dan jika kita sudah memutuskan untuk menjadi pekerja part time, maka kita harus siap untuk kehilangan waktu bebas tersebut. Kita harus dengan baik membagi waktu antara belajar, mengerjakan tugas, dan bekerja. Pada umumnya pekerjaan part time tidak terikat oleh waktu seperti peraturan-peraturan yang berlaku pada pekerja permanen atau pekerja full time. Dan pada beberapa pekerjaan, jam kerja seorang half time lebih fleksibel. Dan sebagai pekerja half time ia dapat mengatur waktu kerja yang diinginkan dengan berkoordinasi dengan tim dan rekan kerja. Dengan memiliki kegiatan lain disamping kuliah, para pekerja half-time dituntut untuk dapat membagi waktu dengan baik.

Kerja part time sering kali dilakoni oleh para mahasiswa agar mendapatkan uang tambahan, baik itu untuk jajan ataupun untuk membiayai keperluan kuliah. Namun, sayangnya, banyak mahasiswa yang kesulitan mengatur waktu antara kuliah dan kerja part time. Hasilnya, banyak dari mereka yang terlambat lulus karena sering absen. Meski, tetap ada beberapa yang mampu lulus tepat waktu karena tetap mengutamakan kuliah. Kopi bukan jalan keluar saat harus mengerjakan tugas kuliah dan kantor bersamaan. Kurang tidur justru dapat membuat pekerjaan lebih sulit karena dapat memicu gangguan kesehatan mental, fisik, meningkatkan stres dan seluruh jadwal kerja dan kuliah terganggu.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Fleksibilitas waktu juga menjadi alasan dari Diaz ketika memilih kampus swasta. Keterbatasan ekonomi mengharuskan Diaz untuk kuliah sambil bekerja. Pekerjaan yang ia lakukan adalah pekerjaan penuh waktu agar pendapatannya stabil. Biasanya kelas karyawan akan diselenggarakan di waktu-waktu yang tidak bertabrakan dengan jam kerja .

Lakukan secara bertahap sehingga kegiatan-kegiatan tersebut menjadi lebih efektif. Kamu juga harus beristirahat dengan cukup supaya tetap menjaga stamina yang dimiliki. Kamu yang punya kebiasaan begadang sebaiknya berpikir dua kali melakukannya. Pasalnya, untuk dua rutinitas yang sangat padat, yakni kuliah dan bekerja, tenaga kamu akan terkuras dengan sangat besar. Kalau kamu tidak dalam kondisi yang segar, hal ini akan berpengaruh pula pada performa kamu dalam menjalani rutinitas. Jangan sampai kualitas hidup dan kesehatan kamu semakin menurun hanya karena kurang istirahat.

Agar lebih mudah mengatur waktu kuliah dan memenuhi tanggung jawab pekerjaan, kamu bisa memilih lokasi pekerjaan yang dekat dengan kampus. Dengan begitu, kamu juga tak perlu menghabiskan uang untuk biaya transportasi. Agar tidak merasa keberatan, kamu perlu memiliki jenis pekerjaan yang benar-benar kamu sukai atau sesuai dengan hobi kamu. Kebanyakan mahasiswa memilih asisten peneliti sebagai pekerjaan sambilan mereka. Hal ini karena mereka bisa membaca buku sambil memperluas ilmu mereka.