Kekuatan Diri Dan Tujuan Hidup

Seseorang akan hidup bahagia dengan mengetahui apa alasan dia hidup. Merupakan suatu kemampuan seseorang di dalam mengatur, memahami, dan juga memanajemen diri sendiri. Orang yang berhasil dalam mengembangkan potensi intrapersonalnya itu akan piawai di dalam merancang visi, mengambil keputusan,serta menetapkan tujuan hidup.

Cara mengasah kemampuan diri sendiri

Ketika Anda diberikan pertanyaan mengenai potensi diri, dan tidak ada jawaban, maka perusahaan akan ragu menerima Anda. Untuk itu, tidak ada salahnya mengenali potensi diri dengan cara berikut. Selagi Anda melatih skill kepemimpinan, cari tahu tujuan seperti apa yang ingin Anda raih dan mantapkan tekad untuk menuju ke sana.

Niat memiliki peranan yang sangat vital dalam upaya mahasiswa mengembangkan diri. Niat yang kuat akan menjadi power yang kuat untuk terus menggali pengetahuan, melatih keterampilan agar menjadi pribadi yang mandiri dan berdaya guna tinggi. Niat menentukan apa yang harus dilakukan, bagaimana kita melakukannya, dengan siapa kita akan melakukannya, berapa lama kita akan melakukannya dan apa hasil dari yang kita lakukan. Terdapat satu faktor yang juga paling menentukan yakni motivasi belajar atau semangat mahasiswa yang tinggi. Meskipun keenam faktor tersebut sudah terpenuhi, namun mahasiswa tidak memiliki niat yang besar untuk belajar, maka semuanya akan menjadi tidak bermakna.

Setiap manusia dianugerahi potensi diri yang sangat luar biasa. Menariknya, manusia sendiri sering tidak mengetahui dengan pasti potensi diri tersebut.

Bakat tidak akan pernah menjadi sebuah bakat jika hanya didiamkan saja. Maksudnya adalah ketika anda sadar akan bakat yang sudah anda miliki namun pada akhirnya anda hanya diam saja dan tidak mencoba memanfaatkannya atau melatihnya menjadi lebih baik lagi. Rasanya agak tidak mungkin untuk bisa menemukan bakat dalam diri anda dan mengelolanya menjadi suatu hal yang membawa diri anda pada sebuah prestasi. Cobalah latih hal apa yang menurut anda menjadi poin lebih dan juga hal yang dianggap disukai. Seringkali kita menyukai beberapa hal secara sekaligus dan juga dilakukan dalam waktu bersamaan.

Misal dengan mengetik tanpa melihat yaitu dengan menggunakan kejelian tangan, bermain gitar tanpa melihat gitarnya yaitu dengan kejelian tangan yang diimbangi dengan kerja otak. Sistem pembantu memori dapat dengan menggunakan angka-angka untuk mewakili hal-hal yang perlu diingat. Hal ini dapat digunakan untuk membantu mengingat daftar sehingga kita dengan mudah mengingat daftar. Kata-kata yang perlu diingat bisa diganti dengan simbol sehingga kita tidak usah mengingat kata-kata yang panjang atau daftar yang panjang dengan angka saja. Ketika kita akan menghafal banyak daftar maka kita ganti daftar tersebut atau menvisualkan daftar tersebut dengan angka yang anda miliki.

Jika kita memang percaya bahwa kemampuan mengelola emosi mampu meningkatkan kualitas hidup, kita hanya butuh satu kunci sederhana, yaitu terus mendorong diri sendiri untuk melatih kecerdasan emosional kita. Selain mencoba hal baru, hal yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan potensi diri adalah dengan mengunjungi tempat baru. Setiap orang pasti merasa kesulitan saat beradaptasi dengan suasana baru, yang membedakan setiap orang hanyalah bagaimana menyelesaikan hal tersebut. Anda memang diharuskan untuk selalu fokus mengembangkan keahlian atau kemampuan yang paling menonjol dari diri Anda. Namun, itu tidak berarti Anda tidak bisa mencoba melakukan hal baru.