Jangan Ragu, Ini Kunci Sukses Mulai Bisnis Dari Nol

mereka berhasil menjadi pengusaha dengan bisnis yang dibangun sendiri, serta modal dan usaha yang benar-benar dilakukan dari nol. Mereka membangun semuanya sedikit demi sedikit, mulai dari relasi hubungan, bisnis, hingga pengembangannya. Bahkan tidak seidkit yang membangunnya atas dasar jiwa sosial dan kepedulian terhadap sesama. Dari kepedulian tersebut para entrepreneur muda ini mendapat bonus berupa omset ratusan juta. Mendirikan usaha dari nol memang membutuhkan kerja keras, disiplin, serta semangat yang harus terus dipupuk agar tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan bisnis. Bahkan tak jarang para pengusaha muda justru menapaki kesuksesan dalam berwirausaha dengan utang.

Perlahan namun pasti usah Makaroni Ngeheh milik Ali berkembang dengan pesat selama 8 bulan. Kisah 2 tokoh pengusaha sukses yang inspiratif di atas adalah contoh dari banyaknya pebisnis sukses yang memulai usaha dengan kondisi keuangan sangat tidak memungkinkan. Intinya, untuk mengembangkan bisnis agar mampu berkembang pesat harus dibarengi dengan keuletan, keberanian, dan cerdik membaca peluang seperti apa yang dikerjakan oleh 2 tokoh di atas. Tidak berselang lama Bob Sadino menjadi buruh bangunan dengan upah harian agar bisa melanjutkan hidup. Beberapa saat kemudian beliau melihat peluang bisnis lain, yaitu pedagang telur. Karena beliau tidak memiliki modal untuk menjalankan usahanya, Bon Sadino meminjam uang ke tetangga untuk mendirikan peternakan ayam.

muda yang akhirnya meninggalkan posisinya di kantor atau perusahaan besar karena memang harus sepenuhnya mengurus bisnis. Kita lebih leluasa dalam mengatur waktu kerja sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Namun, merintis sebuah bisnis baru dari nol tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda hanya perlu menentukan goal konsumen yang dipasang iklan berdasarkan curiosity dan demography mereka.

Cara menjadi pengusaha muda sukses dari nol

Setelah mengetahui kekuatan dan kelemahan, pebisnis harus fokus untuk mengembangakn kekuatan agar lebih maksimal. Sarah juga menyarankan bahwa pebisnis harus mempunyai inisiatif untuk mencari mentor. Tujuannya agar dapat belajar mengenai segala hal yang tidak mampu dicari sendiri dan hal-hal yang belum diketahui. Menurut Sarah Gerber, co-founder dan CEO Zero Gap, memikirkan pendapat orang lain tentang diri kita adalah hal yang tidak diperlukan dan dapat membuang waktu berharga yang kita miliki. Menurut Beth Monaghan, CEO dan co-founder InkHouse, pebisnis itu harus percaya pada diri sendiri, ide-ide serta kemampuannya.

Jika memang harus bertemu dengan salah satu investor atau rekan bisnis, meskipun tidak suka dengan pertemuan tersebut, tapi harus tetap dijalankan. Menunda pertemuan hanya menambah banyak jadwal yang tetap harus dilakukan juga nantinya. Sebagian wirausahawan muda terkesan hanya sekadar ikut-ikutan ketika memutuskan untuk berbisnis dan seringkali diragukan banyak pihak karena minimnya pengalaman. Berikut ini kumpulan kata-kata motivasibisnisdari para tokoh termuka agar kamu sukses dalam membangun bisnis sendiri, dirangkum dari laman Pertamakali dan Brainy Quote, Selasa (21/7/2020). Saatnya kini kamu ikut mengambil pelajaran dari pengalaman para pebisnis sukses tersebut.