Jangan Hanya Belajar, Berikut Manfaat Kuliah Sambil Kerja

Dibawah ini akan dijelaskan suggestions yang bisa membuat kedua aktivitas tersebut lebih maksimal. Satu hal yang paling penting ketika anda memutuskan untuk kuliah sambil kerja adalah anda harus bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk kuliah, maka semakin banyak pula biaya yang dibutuhkan. Untuk menghindari hal semacam ini, anda harus segera menyelesaikan kuliah sesuai dengan waktu yang disarankan.

Bekerja tanpa menganggu waktu belajar

Jika pekerjaan yang kamu emban dirasa melebihi kemampuan, kamu bisa meminta tolong rekan mu untuk mem-back-up pekerjaan mu yang lain. Sesuai dengan yang sudah dibahas sebelumnya, untuk bisa fokus kamu perlu menyingkirkan hal-hal yang memiliki potensi untuk mengganggu dan memecah fokus mu saat bekerja. Dengan begitu, kamu bisa memiliki lebih banyak waktu luang yang dapat kamu pergunakan untuk beristirahat. Menghindari kebiasaan menunda pekerjaan menjadi cara mengelola waktu dengan baik yang kelima. Sudah banyak diketahui, bahwa dengan menunda pekerjaan hanya akan membuat pekerjaan-pekerjaan mu yang lainnya menjadi berantakan. Justru, multitasking hanya akan menjauhkan mu dari produktivitas dan penyelesaian pekerjaan yang efektif.

Jika anda termasuk orang yang jarang makan, lambat laun anda akan terkena penyakit gastritis atau peradangan lambung yang membuat perut terasa nyeri bahkan kepala terasa pusing. Tentu saja hal ini akan mengganggu aktivitas anda yang padat tersebut. Konsumsilah makanan yang bergizi dan jangan lupa minum vitamin. Anda juga dapat mengonsumsi jus atau buah agar tubuh tetap sehat dan terjaga staminanya.

Tidak semua orang mendapat kesempatan untuk tetap berkuliah di masa pandemi seperti ini. Usahakan untuk menyediakan waktu yang cukup untuk mengerjakan satu tugas tertentu. Hal ini akan membuat kamu untuk bisa menyelesaikan tugas perkuliahan lebih efisien. jika kamu di ajak keluar oleh temen-teman kampus jangan takut untuk menolak ajakan tersebut jika itu bukan prioritas kamu, kecuali kamu punya waktu luang yang cukup.

Ceritakan ke atasan kalau kamu sedang mengambil kuliah di malam hari setelah jam kerja. Tentunya cukup beresiko manakala Anda sebagai mahasiswa memutuskan untuk kuliah sambil mencari uang. Alternatif lain, cobalah untuk mendaftar pekerjaan freelance atau online yang jam kerjanya akan jauh lebih fleksibel. Andaikan tidak mendapatkan pekerjaan di tempat yang sesuai dengan jurusan, carilah pekerjaan lain yang mau menerima karyawan half time. Jika memungkinkan, carilah pekerjaan dengan bidang usaha yang sesuai dengan jurusan perkuliahan yang diambil. Satu hal lagi yang sangat penting untuk diindahkan yaitu jangan pernah menunda-nunda untuk menyelesaikan tugas baik dari kampus maupun pekerjaan.