Ini Caranya Bekerja Sambil Kuliah Secara Efisien Dan Efektif

Misalnya, nih, kamu bekerja dan berkuliah dari hari Senin hingga Jumat. Di Sabtu dan Minggu, kamu selalu diajak nongkrong, nih, sama teman-temanmu dan kamu mengiyakan semua tawaran nongkrongnya. Hmm, kalau kamu hanya menghabiskan tanpa menjalaninya, pasti, hal yang terpikir olehmu merupakan hal-hal yang nggak jauh dari paragraf di atas.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Ada banyak beasiswa ditawarkan untuk masyarakat umum yang berminat. Beberapa di antaranya dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain pemerintah, banyak juga lembaga swasta yang menawarkan program beasiswa dengan syarat-syarat tertentu. Pisahkan juga untuk tabungan, tetap pakai alokasi minimal 10% dari penghasilan ya.

Anda juga harus fokus dalam menjalani semuanya jangan sampai terpecah salah satunya. Apabila Anda sedang berada ditempat kerja jangan sekali-kali untuk mengerjakan tuga kuliah begitu pula sebaliknya. Dengan cara fokus inilah Anda bisa menjalani semuanya dengan lebih maksimal dan lebih bersikap profesional.

Ada baiknya untuk mengambil kursus bahasa Korea di Indonesia sebelumnya sehingga tidak perlu berlama-lama di language institute yang tentunya memakan biaya yang tidak sedikit. Lain lagi pengalaman kalo kita datang untuk belajar program master di bidang Christian Education. Karena program ini di khususkan untuk mahasiswa asing maka persyaratan bahasa Korea tidak ada.

Waktu kamu sangat terbatas harus membagi tanggung jawab ke dua pos, kerja dan belajar, jadi manfaatkan apapun waktu yang kamu punya. Manfaatnya dari skala prioritas, kamu jadi bisa kuliah dengan tenang dan fokus tanpa dibayang-bayangi tugas kantor. Jadi, buat kamu yang sedang kerja sambil kuliah, pertimbangkan hal-hal tersebut ya. Tips di atas juga pastinya berlaku buat kamu yang berencana mulai kuliah lagi, sembari bekerja. Ketika kamu menghadapi hal ini, tidak ada salahnya luangkan waktu untuk beristirahat.

Bila anda seorang aktivis, buatlah timeline atau daftar harian yang terangkum di dalam satu buku agenda harian. Biasakan membuat perencanaan dari kegiatan yang ingin dilakukan. Tulis semua jenis kegiatan dalam bentuk jadwal atau timeline mulai dari bangun tidur sampai beranjak ke tempat tidur. Sebenarnya tujuan utama seorang mahasiswa yaitu untuk kuliah dan bisa lulus tepat waktu.

Selain itu, di universitas biasanya sering diadakan seminar atau workshop dengan pembahasan yang berguna untuk menambah wawasan dan keterampilan. Banyaknya waktu jeda antara satu kelas dengan kelas berikutnya, membuat mahasiswa banyak menghabiskannya dengan nongkrong. Akibatnya, tidak jarang mahasiswa menjadi lebih boros dan cepat kehabisan uang saku. Oleh karena itu, penting untuk benar-benar mengatur waktu dan mengisinya dengan berbagai kegiatan yang lebih bermanfaat seperti untuk menambah pengetahuan dan teman baru. Mulailah dengan membuat jadwal teratur kegiatan sehari-harimu dalam seminggu. Sebaiknya dari awal diskusikan dengan atasan di tempat kerja mengenai jadwal kuliah Anda.

Apabila ada waktu luang saat di kantor, sebaiknya gunakan untuk mencicil tugas kuliah. Sebaliknya, ketika masa kuliah libur maksimalkan kinerja di kantor agar kredibilitasmu tetap baik di mata pimpinan dan karyawan lainnya. QM Financial memiliki beberapa program di berbagai platform belajar untuk mendukung pemberdayaan jarak jauh.

Dilansir dari suara.com, ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus yang terjadi akibat kontak fisik. Selain biaya yang tinggi, pilihan program studi yang tersedia pun terbatas karena hanya Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi yang membuka kelas bagi karyawan. Kuadran satu berisi hal-hal yang mendesak, segala hal terkait deadline yang mepet dan harus segera diselesaikan masukkan disini. Kuadran ini adalah wadah untuk segala tugas dan tanggungjawab yang perlu segera kamu beri perhatian dan selesaikan. Stephen CoveyStephen Covey adalah seorang penulis buku Psikologi terkenal membuat sebuah metode self-assist menggunakan sistem matriks (bagan/kuadran) untuk manajemen waktu dan kegiatan.