Ingin Jadi Pengusaha Muda? Perhatikan Hal

Semangat pantang menyerah dan kerja keras menjadi modal penting seorang pengusaha. Mentor adalah orang yang akan membimbing Anda dalam mencapai kesuksesan bisnis. Mentor juga bisa menjadi suplemen semangat di kala Anda merasa jatuh atau terpuruk. Dengan adanya mentor, kegagalan dalam berbisnis dapat diminimalisir. Setidaknya tidak harus melalui gagal puluhan kali yang disebabkan trial and error karena tidak adanya mentor. Di sinilah pengusaha muda yang baru menjadi tunas tidak berhasil tumbuh gara-gara tidak mau mencintai proses.

Jangan tergoda untuk investasi sana-sini sementara bisnis utama masih goyah. Meski sudah didirikan pada tahun 2010, tapi perjalanan BukaLapak tidak semulus yang dibayangkan. Di awal kemunculannya, masyarakat masih awam tentang jual-beli online sehingga tingkat kepercayaan masyarakat minim. Lambat laun, berkat ketekunannya, BukaLapak.com mulai dikenal dan menerima banyak investasi dari dalam negeri maupun luar negeri.

Cara menjadi pengusaha muda

Dengan berbagai kesibukan yang ia miliki, tak membuatnya lantas meninggalkan tugas menjadi seorang mahasiswa. Alif membuktikan bahwa ia bisa lancar dalam berkarya, namun juga tetap sukses dalam belajar. “Untuk menjadi pengusaha yang cerdas, harus dapat memahami segala tindakan yang akan dilakukan, memperhitungkan resiko, bekerja dengan ikhlas, disiplin dan berani belajar dari tiap kegagalan,” tutur Dedi. Menjadi narasumber pertama, Dedi Endang Suganda dari Kang Kopi menjelaskan bahwa jika seseorang ingin mendapatkan uang maka mulailah untuk menciptakan sebuah usaha yang menarik. Dedi mengajak para peserta kegiatan lokakarya untuk mampu berpikir out of the field, berinovasi mencari ide-ide brilian baru untuk memulai sebuah usaha dan bersaing secara sehat. Pasalnya, banyak orang yang hanya bermodal nekat tanpa ilmu justru pada akhirnya mengalami kegagalan.

Dengan begitu Anda memiliki sumber daya yang baik untuk mencapai keinginan Anda. Modal terbaik seorang wirausahawan baru bukanlah berupa uang namun pengalaman dan pengetahuan tentang usaha yang akan dibangun. Pengalaman dan pengetahuan yang mencukupi akan sangat membantu dalam langkah awal usaha dimana pasar belum memiliki respon yang cukup tentang usaha kita. Namun alangkah baiknya jika kita terus belajar dalam berwirausaha untuk mengembangkan usaha kita nantinya.

Sebagai pengusaha yang punya jati diri, Anda tak harus meniru seluruh gaya bisnis tokoh-tokoh tersebut di atas. Ada baiknya, lima ideas di bawah ini juga diterapkan untuk meraih kesuksesan. Setiap pengusaha pasti ingin mencapai kesuksesan dalam bisnisnya.