Ideas Mengatur Waktu Kuliah + Kerja

Kuliah bagi seorang karyawan butuh perlakuan khusus, terutama masalah kurikulum. Hal ini erat kaitannya dengan masalah menyesuaikan antara waktu bekerja dan saat harus hadir untuk kuliah. Karena itu, banyak universitas menawarkan kelas karyawan dengan fleksibilitas yang baik. Sebab memang diperuntukkan bagi para karyawan yang ingin berkuliah, tetapi tetap bisa bekerja. Prioritaskan tugas utama dan paling penting yang akan berpengaruh ke divisi lain.

Bahkan banyak mahasiswa yang membayar biayai kuliah sendiri dengan melakukan pekerjaan sampingan, lho. Sayangnya banyak yang malah keasyikan kuliah sambil bekerja dan akhirnya melupakan program studi yang diambilnya. Hal inilah yang kerap membuat banyak anak muda menahan diri untuk tidak bekerja sambil kuliah. Biasanya jenis pekerjaan yang diambil seperti karyawan toko pegawai cafe, ojek on-line atau staf di perusahaan.

Untuk tidak mengganggu kuliah Anda, maka carilah pekerjaan yang paruh waktu, yang bisa diatur jadwalnya sehingga tidak bertabrakan dengan jadwal kuliah Anda. Yang ia maksud skala prioritas adalah dengan cara sebisa mungkin memahami kapan saja waktu yang dianggap baik untuk mengadakan rapat organisasi. Sebab, pada dasarnya, semua anggotanya juga merupakan mahasiswa yang memiliki kewajiban untuk menghadiri kegiatan perkuliahan. Kalaupun harus meninggalkan perkuliahan, ia menyarankan untuk tidak melebihi jatah bolos yang ditetapkan jurusan dalam satu semester.

Bekerja tanpa menganggu waktu belajar

Oleh karena itu sangatlah penting bagi mahasiswa untuk memiliki kemampuan mengatur waktu. Berikut ada sederet tips yang perlu dilakukan mahasiswa terkait manajemen waktu agar sukses kuliah online. Tentu kamu harus menjadikan pekerjaan dan kuliah sebagai kegiatan prioritas.

Meskipun kuliah sambil bekerja pastikan keduanya berjalan baik. Usahakan tidak terlambat atau selalu hadir untuk mengikuti ujian. Hal ini penting sebab jika nilai-nilai mata kuliah Anda ‘jeblok’ maka masa studi akan ‘molor’. Saat jam mata kuliah ternyata tidak ada, maka bisa Anda manfaatkan untuk keperluan organisasi. Tentunya, hal ini sangat baik dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan dalam organisasi. Mulai sekarang, tetap jaga komunikasi terhadap siapapun untuk bisa mendapatkan informasi lebih cepat dan akurat.

Masa-masa kuliah adalah waktu yang tepat untuk mengasah kemampuan dan mencari pengalaman sebanyak mungkin. Tentu saja hal paling sulit dalam bekerja sebelum kuliah adalah mengatur waktunya. Kalau kamu bisa mengatur waktu dengan baik tentunya banyak sekali keuntungan yang akan bisa didapatkan. Berikut ada sejumlah ideas yang bisa kamu terapkan untuk mengatur waktu bekerja dan kuliah supaya bisa berjalan berirama.

Suasana kerja & belajar yang kondusif akan mempengaruhi mood kita untuk bisa melakukan produktivitas harian secara efektif. Lagi pula kuliah S2 itu umumnya hanya 2 tahun dan sudah termasuk dengan pengurusan tugas akhir atau tesis. Jika kamu merasa keteteran, mempelajari ulang bahan kuliah atau mengerjakan tugas dari dosen. Nah, buat kamu yang kuliah S2 sambil kerja, kamu bisa manfaatkan waktu weekend-mu. Biasa dipakai untuk kumpul dengan keluarga atau kongkow dengan teman sejawat dan para sahabat, kamu bisa gunakan waktu-waktu tersebut untuk mengejar ketertinggalan materi kuliah. Biasanya karyawan pekerja kantoran bekerja 5 hari dari Senin hingga Jumat.

Jika anda tinggal di kampus, anda harus tinggal bersama dengan mahasiswa lain, kecuali asrama anda menawarkan satu kamar. Anda perlu mengerti bahwa teman sekamar atau serumah anda mungkin juga merasa takut sama seperti anda tentang pengalaman baru ini. Bercakap-cakaplah dengan mereka dan cari tahu informasi penting seperti mereka berasal darimana dan apa ketertarikan mereka. Anda bahkan akan mendapatkan teman sekamar dengan kota yang sama dengan anda. Kebanyakan orang dewasa membentuk persahabatan jangka panjang dan ini merupakan kesempatan anda untuk melakukan hal tersebut.

Waktu di luar jam kerja dan kuliah juga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk beristirahat atau tidur. Ingat, kamu cuma punya 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu, ga kurang ga lebih. So, just be self-discipline dan lakukan semua pekerjaan sesuai porsinya. Selain membuat kegiatan menjadi efisien, kamu juga harus disiplin waktu.

Menjadi seorang pekerja tentunya kamu akan mendapat berbagai pekerjaan. Perusahaan ingin mengetahui posisi pekerjaan dalam hidup kamu. Jika kamu mendapatkan bantuan beasiswa maka berkatalah jujur, jangan pernah malu untuk mengatakannya. Beberapa orang akan mulai gelisah jika nanti saat wawancara tidak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan. Hal tersebut tentunya bisa membuat kamu merasa tidak tenang dan takut jika nanti kamu salah menjawab pertanyaan. Dua orang warga Banyumas, Jawa Tengah menjadi pejuang literasi memberikan buku bacaan ke pelosok.