Gagal Jadi Sarjana Sukses Jadi Pengusaha

Setelah ayahnya meninggal dunia, ia harus mencari uang untuk bertahan hidup, salah satunya dengan menjual kresek di pasar. Ayahnya mengidap penyakit jantung, namun enggak memiliki uang yang cukup untuk operasi. Makanya, ia harus memutar otak untuk menghasilkan uang sendiri. Sebelum memiliki sederet usaha, Dokter Tirta harus berjuang dari nol.

Putri dari Haji Ahmad Karlan dan Hajjah Suwuh Lasminah, seorang peternak sukses Pangandaran. Kakek buyutnya adalah salah seorang tuan tanah di Pangandaran. Pendidikan wanita yang kini berumur 49 tahun ini hanya sampai di SMP saja.

Usaha tersebut berkembang dengan pesat sehingga hamzah mempunyai 3 lisensi bimbel. Dia memperoleh omzet sebesar Rp360 juta/6 bulan dari 200 jumlah siswa yang ada dengan keuntungan sekitar Rp180 juta/6bulan. Setelah sukses mengelola bisnis tersebut , Hamzah lalu mengembangkan sayapnya dengan melirik usaha sofabed. Sekarang , bisnis Hamzah telah resmi berbadan hukum dengan nama CV Hamasa Indonesia. Dia resmi menjadi direktur muda di perusahan kerajinan sofa Setelah Lulusan SMA tahun 2011 omzetnya sekarang mencapai mencapai Rp100 juta per bulan.

Semakin menarik inovasi yang anda berikan maka akan besar pula kemungkinan keberhasilan bisnis maupun usaha anda. Dengan inovasi yang sesuai perkembangan zaman anda dapat menarik perhatian konsumen. Patinya untuk menjalankan suatu bisnis atau usaha anda harus mempunyai inovasi yang menarik. Kesuksesannya merintis bisnis dari nol di bidang perikanan dan penerbangan membuatnya dianggap layak menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan di era pemerintahan Joko-Widodo-Jusuf Kalla.

Cara menjadi pengusaha muda sukses dari nol

Abdul Latief juga membuka tambak udang seluas 120 hektar dengan hasil 4 ton per hektar. Ia mengelola beberapa perkebunan, membuka usaha penerbitan buku, dan usaha jasa periklanan, asuransi dan berbagai jenis bisnis yang lain. Sambil melakukan ekspansi bisnis, Abdul Latief juga tertarik pada bidang pendidikan dengan tiga alasan.