Cara Mengatur Waktu Antara Kuliah & Bekerja

Jangan sampai di tengah jalan kuliahmu kandas hanya gara-gara uang kuliah ga terbayarkan. Dengan memiliki sikap totalitas diri, kamu bisa menarik perhatian orang lain dengan kepribadian kamu yang complete. Totalitas kamu akan dihargai sebagai kerja keras yang belum tentu dimiliki orang lain. Setiap totalitas diri yang keluarkan pasti menghadirkan kesuksesan. Dalam kuliah maupun organisasi, kamu harus memiliki totalitas diri yang baik.

Sementara, untuk biaya mencetak laporan atau membeli buku kadang bisa banyak atau sedikit. Karena itu, memiliki tabungan untuk dana kuliah bisa sangat membantu. Misalnya, transportasi untuk ke kampus, biaya mencetak laporan, membeli buku, atau biaya web jika ada kuliah online.

Maka tinggalkanlah perspektif korban itu dengan bersikap proaktif, tumbuhjan perspektif bertanggung jawab. Tanggung jawab itu dalam bahasa Inggris adalah responsibility. Artinya seseorang yang bertanggung jawab adalah orang yang bisa memilih respons dia terhadap suatu keadaan di depannya. Seorang mahasiswa yang bertanggung jawab selalu bisa memilih, mengikuti ajakan nongkrong dari teman, atau menjalankan rencana yang sudah dia susun untuk hari ini.

Bekerja tanpa menganggu waktu belajar

Karena, organisasi bukanlah hal yang bisa Aanda anggap sepele. Bukan perkara yang mudah untuk membagi waktu kuliah dan organisasi. Kedua hal ini sangat penting saat Anda sedang menjadi mahasiswa. Disamping ilmu pengetahuan yang baik, akan sangat berguna jika diimbangi dengan softskill.

Perencanaan akan memudahkan Anda untuk menargetkan beberapa tugas yang harus diselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan. Perencanaan juga akan memudahkan menentukan kegiatan apa yang harus lebih dulu dikerjakan. Dengan adanya perencanaan, tidak memerlukan waktu lagi untuk berpikir tugas apa lagi yang selanjutnya harus dilakukan setelah menyelesaikan satu tugas.