Cara Mengatur Kuliah Sambil Bekerja

Demi masa depan yang lebih cemerlang, pilihan itu sangat tepat untuk diambil. Apalagi kalau kamu masih terbilang muda, dan pekerjaan di kantor gak berat-berat banget. Mengambil kuliah sambil bekerja berarti kamu harus rela kehilangan sejumlah waktumu, khususnya waktu untuk bermain dan beristirahat. Jika tidak pintar-pintar mengelola waktu, potensi yang dialami adalah mengorbankan salah satunya. Memiliki manajemen waktu yang baik tentu dibutuhkan bagi karyawan yang bekerja sambil kuliah.

Meskipun baru satu semester berkuliah, Medkomers angkatan 2020 ini menikmati pelajaran yang ia dapatkan. Bekerja di bidang komunikasi namun tidak memiliki latar belakang pendidikan yang sama? Rio Satria Nugraha merupakan salah satu yang berada dalam posisi ini. Ia memutuskan untuk melanjutkan S2 di Media dan Komunikasi Unair untuk memperdalam keilmuan Komunikasi.

Jadwal harian dapat membantu Anda tetap disiplin dan membuat Anda menyisihkan waktu untuk pekerjaan baru yang dapat dimasukkan ke dalam rutinitas. Jika seperti itu, bagaimana cara mengatur dan manajemen dengan baik waktu selama WFH? Kelihatannya, dengan bekerja dari rumah, Anda memiliki waktu lebih dan lebih santai. Kuliah sambil kerja memang sangat menguras waktu, tenaga, dan pikiran. Persiapkan diri anda sebaik mungkin untuk menjalani kedua aktivitas tersebut.

Bekerja tanpa menganggu waktu belajar

Oleh karena itu, beberapa orang belakangan ini mulai bermimpi untuk memiliki bisnis miliknya sendiri. Sadar akan perkembangan sosial media yang begitu kuat, Fanny juga berpikir ingin memiliki Pasive Income dari Youtube. Buat kamu yang sekarang masih berkuliah dan mau mulai melihat pekerjaan yang cocok untukmu, yuk join Glints dan cari lowongan dan berbagai tips karier lainnya. Dalam hidup selalu ada pilihan, mana yang menjadi prioritasmu dan harus kamu kerjakan. Saat kamu memilih kerja sambil kuliah, tentunya ada hal-hal lain yang harus dikorbankan nih. Misalnya saja waktumu untuk bersantai terlalu banyak, menonton TV, bermain media sosial, juga bermain bersama teman-teman.

Tentukan mana pekerjaan atau tugas kuliah yang penting dan harus diselesaikan terlebih dulu. Banyak mahasiswa yang memutuskan untuk bekerja sambil kuliah agar bisa meringankan beban orang tua. Meskipun banyak mahasiswa yang memutuskan untuk bekerja sambilan, tetapi tidak banyak dari mereka yang tahu bagaimana cara membagi waktu antara kuliah dan bekerja.

Stres tentu sudah menjadi hal yang sangat wajar terjadi pada mahasiswa yang berkuliah dan bekerja. Solusi yang bisa Anda lakukan untuk menghindari rasa stres dan lelah secara berlebihan ini adalah berpikir positif. Pikirkan hal-hal baik yang membuat Anda menjadi lebih bersemangat dalam belajar dan juga bekerja. Kalian semua yang masih menjadi mahasiswa jika memilih jalan menjadi mahasiswa luar biasa harus siap menjalani ini.

Diharapkan informasi diatas bisa membantu pembaca yang saat ini memutuskan kuliah sambil bekerja. Semoga informasi yang diberikan bisa memberikan banyak manfaat. Komitmen terhadap planning adalah hal terpenting dalam mengatur waktu. Tolak ajakan teman apabila tidak memiliki waktu luang dan diluar prioritas.

Meskipun sebuah pekerjaan atau tugas tidak mempunyai tenggat waktu ada baiknya jika kamu membuat deadline untuk dirimu sendiri. Gunanya adalah agar kamu tidak berlarut-larut memegang atau mengerjakan tugas tersebut. Karena jika terlalu lama mengerjakan sebuah tugas, biasanya kamu akan mudah stress. Cara terbaik dan termudah agar semua pekerjaan tidak tumpang tindih adalah dengan membuat timeline.

Bisa dimulai dengan langkah awal yang sederhana saja, dengan cara membuat jadwal yang rapi antara kuliah dan kerja agar tidak bentrok satu sama lainnya. Dan jangan lupa untuk menyelesaikan tugas kuliah maupun kantor tepat waktu sesuai deadline. Buat daftar jadwal kuliah setiap harinya, mulai dari jam berapa hingga jam berapa. Begitu pun dengan jadwal pekerjaan yang juga perlu disusun secara berurutan dan disesuaikan dengan jadwal kuliah. Atur semua jadwal setiap harinya sehingga memudahkan untuk dapat menyesuaikan serta mengerjakan segala kegiatan dengan rapi. Belum lagi biaya keuangan yang selalu naik, sehingga sangat diperlukan dana yang besar untuk melanjutkan kuliah S2.