Apa Bisa Kuliah Sambil Kerja? Bisa!

Untuk yang satu ini setiap orang memiliki cara mereka masing-masing, mulai dari yang bisa fokus karena mendengar suara musik hingga mereka yang fokus di suasana yang hening. COVID-19 memperkenalkan aplikasi luas mannequin pembelajaran campuran yang menghadirkan banyak tantangan dan peluang bagi kehidupan siswa. Anda akan memiliki kesempatan untuk mengatur sendiri sebagian dari studi Anda sambil belajar online yang dapat secara drastis meningkatkan kualitas kehidupan siswa Anda.

Kebiasaan mahasiswa adalah senang mengerjakan tugas ketika menjelang deadline. Efeknya mungkin tidak terasa saat ini tetapi akan terasa di masa depan anda. Anda bisa izin tidak bisa hadir mengikuti rapat karena kuliah. Anda harus tetapi berhalangan tidak hadir ketika kuliah karena ada kegiatan organisasi bukanlah sebuah pilihan yang bijak. Memanage waktu antara organisasi belajar dan aktivitas sosial merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan.

Paling tidak saat anda menentukan prioritas itu artinya anda sudah memiliki bayangan masa depan yang akan dijalankan nanti. Tentu saja hal ini semakin membuat anda semangat agar bisa memaksimalkan setiap waktu supaya tidak terbuang secara percuma. Bila anda sudah masuk ke dalam sebuah organisasi atau komunitas masyarakat dan anda diberi amanah untuk menjalankan kepemimpinan. Di jam yang sama organisasi yang diikuti menuntut anda untuk wajib hadir di agenda rapat yang penting. Bila anda ingin menyampaikan sebuah hal yang mendesak namun tidak bisa mengkomunikasikan dengan baik. Anda bisa dibilang gagal sebagai pribadi yang baik dimata orang lain.

Tentu biaya hidup di negara tertentu lebih tinggi dari Indonesia. Banyak mahasiswa di luar negeri yang bekerja paruh waktu di bidang jasa bersih-bersih, entah itu bersih-bersih kantor atau halaman. Di Australia, menjadi petugas cleansing service saja gajinya cukup tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-harimu. Banyak mahasiswa Indonesia di Australia yang bekerja paruh waktu di bidang ini.

Selain itu ia juga harus bisa mengatur, memprioritaskan, take management waktu yang ada. Baginya hal ini lebih baik untuk belajar manajemen waktu di perguruan tinggi, daripada belajar saat setelah kita lulus. Tips Kuliah Sambil Bekerja Kerja dan kuliah memang akan membuat anda semakin sibuk.

Tips manajemen waktu yang ke-6 adalah dengan meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat. Tentu saja kamu akan lebih memiliki waktu luang lagi, yang bisa kamu gunakan untuk aktivitas lain yang lebih berfaedah. Sementara itu ketidakkedisiplinan membuat kita kehilangan waktu, di cap sebagai orang yang tidak disiplin/pemalas, dan tentu akan mempengaruhi aktivitas selanjutnya. Disiplin akan mengajarkan kita untuk menghargai waktu, tidak menunda-nunda dan melakukan sesuatu sesuai dengan semestinya. Dengan istirahat yang cukup diharapkan kita memiliki badan yang sehat dan fit, sehingga kita bisa melakukan segala aktivitas dengan maksimal. Untuk itulah sesibuk apapun kita, sebanyak apapun aktivitas kita jangan sampai melupakan istirahat.

Bekerja tanpa menganggu waktu belajar

Mahasiswa juga harus bisa sampai di dalam pemahaman jika mencari uang itu harus membutuhkan perjuangan. Tidaklah menjadi suatu masalah jika seorang mahasiswa bekerja paruh waktu. Karena bekerja part time untuk mahasiswa justru akan meningkatkan kualitas dari mahasiswa tersebut. Maka dari itu, sangat dibutuhkan semangat yang tinggi serta diperlukan kerja keras yang bisa untuk mewujudkan agar bisa segera lulus.