9 Prinsip Untuk Jadi Pengusaha Muda Sukses!

Karena sifat masyakat kini yang sangat dekat dan tak lepas dari web maka hal inilah yang menjadi peluang bagi muda-mudi untuk mulai membangun usaha dan mempromosikannya di media sosial. Kemajuan dan perkembangan teknologi yang pesat rupanya semakin memperbesar peluang bagi para muda-mudi untuk mendulang rupiah dalam jumlah besar. Jejaring sosial merupakan salah satu alternatif yang dapat memudahkan kita membangun sebuah usaha. Mengikuti teknologi dan perkembangan zaman memang tidak salah, namun ada hal yang harus kamu perhatikan. Mereka yang sukses di usia muda, tidak terlena dan konsumtif terhadap sesuatu yang sedang tren inilah cara hidup sukses di usia muda. Bagi mereka sebuah gadget dengan harga puluhan juta bukanlah menjadi prioritas utama, bagi mereka saat gadget masih bisa berfungsi secara fungsional tidak harus membeli hanya untuk kebutuhan gaya semata.

Sebagai seorang pengusaha muda yang masih memiliki banyak energi untuk mencoba banyak hal baru, menemukan ardour dan menekuninya bisa membuat bisnis lebih mudah berhasil. Bisnis yang dijalankan sesuai dengan passion memiliki potensi sukses yang lebih besar. Hal ini dikarenakan pengusaha muda lebih suka bekerja sesuai dengan minat dan kesukaannya.

Jika Anda yang mencari referensi untuk bisnis, ada banyak ragam bisnis yang bisa dicoba. Anda tinggal menyesuaikannya dengan minat dan kemampuan saja. Pelanggannya bukan hanya orang di sekitar toko saja namun secara global dengan internet.

Misalnya ide-ide terbaru dan tren yang sedang berkembang di dunia bisnis. Karena bisnis akan lebih maju jika bergerak dan berkembang sesuai dengan kekuatan yang dimiliki. Begitu juga dengan bisnis yang dimiliki tentunya sudah harus diketahui kekuatan dan kelemahannya. Setelah mengetahui kekuatan dan kelemahan, pebisnis harus fokus untuk mengembangakn kekuatan agar lebih maksimal. Sarah juga menyarankan bahwa pebisnis harus mempunyai inisiatif untuk mencari mentor. Tujuannya agar dapat belajar mengenai segala hal yang tidak mampu dicari sendiri dan hal-hal yang belum diketahui.

Setelah semua aspek telah dimulai dan berjalan lancar, jangan lupa untuk mencari komunitas wirausahawan sejenis. Komunitas ini akan membuat kita terus belajar dengan rekan-rekan dalam mengembangkan ide dan pengetahuan baru dalam berwirausaha. Tak jarang pula, dari komunitas ini muncul pangsa pasar baru untuk semakin memperluas jangkauan pemasaran usaha kita.

Seperti sebuah restoran besar, ia berawal dari warung kecil kemudian besar menjadi restoran terkenal. Restoran yang terkenal enak ini tak dihasilkan dari modal besar. Anak-anak muda hobbyist bermain-primary menciptakan gelombang radio, yang ternyata bukan hanya sangat berguna bagi radio komunikasi kapal dagang di perairan Pasifik. Jasa mereka bahkan juga digunakan untuk mengirim kode morse ke pangkalan militer Angkatan Laut Amerika Serikat di Honolulu, Hawaii. Charles Litton kemudian menjadi profesor di Universitas Stanford dan mengembangkan komputer Hewlett-Packard . Universitas Stanford kemudian bekerja sama dengan industri informasi telekomunikasi seperti Hewlett-Packard dan berkolaborasi dengan Walt Disney dalam menciptakan movie animasi.

Cara jadi orang sukses dari nol di usia muda selanjutnya ialah Anda harus memiliki sebuah goal. Jika Anda sukses di usia muda, banyak hal yang masih dapat Anda lakukan. Namun untuk menjadi pengusaha mudaatau sukses di usia muda tersebut, Anda harus memiliki sebuah pengorbanan dan ketekunan yang kuat. Cara menjadi sukses di usia muda perlu dilakukan dengan perjuangan yang keras. Kata “pengusaha muda” menjadi impian bagi semua orang, beda hal nya apabila Anda sukses ketika sudah usia dewasa, yang biasanya ditandai dengan usia di atas forty tahun.

Cara menjadi pengusaha muda

Putri Yusuf Mansur, Wirda Mansur serius menggeluti bidang bisnis. Di usianya yang masih 19 tahun, Wirda tergolong sukses untuk remaja seusianya. Modal tidak hanya selalu tentang uang, namun modal utama bisa juga keinginan besar untuk berusaha. Kalau kamu punya keinginan yang kuat, yakinlah, pasti ada jalan. Mulai sekarang, cobalah untuk mengubahmindset-mu terhadapmodal, yaitu modal bukan hanya tentang uang. “Diharapkan penerima manfaat memiliki wawasan baru untuk memulai alternatif usaha mandiri, salah satunya dengan memulai usaha kopi,” ujar Pujiyanto.

Keempat, seorang pengusaha juga harus selalu melakukan yang terbaik dengan memberikan performa yang baik sehingga dapat terlihat bagus di mata kolega. Selain itu yang terpenting ialah jangan pernah berhenti untuk belajar. Dalam membangun community tersebut, menurutnya kita tidak harus merasa jauh lebih pandai dari yang lain. Malah sebaiknya dengan memiliki banyak jaringan maka semakin banyak pula pembelajaran, informasi, dan wejangan yang bisa didapatkan. semua kiat menjadi wirausaha muda ini, lakukan dengan fokus dan tekad yang kuat untuk berhasil. Sebab yang namanya kesuksesan itu dicari dan diperjuangkan, bukan hanya ditunggu!.

Tidak ada yang berhasil dalam bisnis sendiri, dan mereka yang mencoba akan kalah dengan tim yang hebat setiap waktu. Bangun tim hebatmu sendiri untuk meningkatkan kesuksesan bisnis yang kamu jalani, ya. Tidak ada hal yang berhasil dengan instan, dan semua orang pernah menjadi pemula. Jangan khawatir dengan waktu yang lama, justru itu akan membuat bisnismu semakin kuat. Jangan takut untuk menginvestasikan waktu di bisnis yang kamu jalani, ya, Sisters.