8 Kiat Jitu Bekerja Sambil Kuliah S2, Anti Gagal Patut Dicoba

Selain ideas mengatur keuangan untuk mahasiswa di atas, cara lain yang bisa kamu coba untuk terapkan adalah dengan berinvestasi. Kini ada banyak sekali cara melakukan investasi mudah dengan nilai yang tidak terlalu besar sehingga bisa diikuti bahkan oleh mahasiswa sekalipun. Namun, ingat bahwa investasi merupakan langkah tingkat lanjut jika kamu memang sudah mampu memenuhi kebutuhan dasar dan memiliki tabungan yang cukup. Keuangan bisa jadi salah satu tantangan bagi seorang mahasiswa.

Menuju dewasa bukan hal mudah dan inilah salah satu proses yang harus kamu lalui untuk mencapai tahap itu. Salah satu ability manajemen yang cukup penting saat ini adalah manajemen waktu. Mengingat gerak fisik kita terbatas, tugas dari sekolah atau kampus yang terus mengalir datang, dan waktu kita juga terbatas, maka mau tak mau kita harus pintar-pintar mengatur waktu. Menjalani kedua aktivitas kerja dan kuliah secara bersamaan memang berat. Oleh karena itu, dibutuhkan usaha yang keras pula supaya dapat mencapai hasil yang maksimal. Anda harus tetap fokus dalam menjalani aktivitas yang menjadi prioritas, apalagi jika anda menargetkan untuk lulus S2 tepat waktu.

Berdasarkan pengalaman saya, dia adalah orang paling jago mengatur waktu. Selain itu, dia juga sangat ulet, dia selalu melakukan berbagai macam pekerjaan untuk membiayai kuliahnya sendiri. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan suggestions tentang bagaimana cara mengatur waktu agar semua pekerjaan selesai dengan cepat. Tips ini saya dapat dari teman kuliah saya yang sangat mahir dalam mengatur waktu.

Anda akan menghabiskan waktu Anda untuk berlibur dengan sia-sia. Padahal waktu yang tersedia sebenarnya dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan kuliah atau pekerjaan untuk mengurangi beban Anda. Ketika Anda memutuskan untuk kuliah, hindari menghabiskan waktu luang untuk hal-hal yang dapat mengganggu pekerjaan dan kuliah Anda.

Yang perlu anda ingat adalah konsisten dan pembagian waktunya sudah cukup untuk setiap bagian tugas tersebut. Jangan memaksakan mengerjakan tugas dalam satu waktu jika ternyata waktu yang dimiliki cukup. Dengan adanya deadline maka anda bisa menyelesaikan tugas sebelum waktu pengumpulan yang ditentukan oleh dosen.

Bekerja tanpa menganggu waktu belajar

Solusi belajar dengan materi berkualitas & super trainer untuk membantu persoalan belajar khususnya untuk persiapan UN dan SBMPTN. Kamu bisa memilih Kampus A yang terletak di Tambun, Bekasi maupun Kampus B yang berada di Cibubur dekat dengan Kawasan Industri Cibitung, Cikarang juga Cileungsi. Lokasi kampusnya juga ada di jalan utama, jadi sangat mudah untuk akses transportasinya. Namun dalam mengerjakan suatu pekerjaan, bila kita mengerjakannya bersamaan dengan pekerjaan lainnya akan membuat fokus kita terpecah dan menghambat pekerjaan. Bahkan tidak jarang yang demikian dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dengan hasil yang kurang optimal. Untuk itu, dengan menghindari multitasking tersebut kita dapat mengutamakan optimalisasi hasil dari pekerjaan kita dan menjadikannya lebih baik dan rapih.

Bersantai pada hari minggi dimaksudkan untuk memulihkan kondisi psychological setelah hari Senin sampai Sabtu disibukkan dengan berbagai pikiran. Sebagai mahkluk sosial,manusia dituntuk untuk mempunyai kemampuan beradaptasi dalam situasi apa pun. Kemampuan adaptasi yang baik akan membuat kita dapat menjalani berbagai peran dengan baik. Mungkin ada kalanya Anda dihadapkan satu situasi yang kurang enak, misal tiba-tiba ada pergantian jadwal kuliah, tiba-tiba ada meeting dengan klien dan lain sebagainya. Diperlukan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dan bersikap fleksibel. Jika Anda menghadapi situasi demikian, Anda dapat melakukan beberapa opsi.

Maka RoomMies harus bisa memilah terlebih dahulu berapa artikel yang harus diselesaikan setiap harinya. Selain itu, tentukan juga pekerjaan mana yang mendesak dan perlu dikerjakan setiap harinya. Saat kerja di kantor, metode ini bisa bermanfaat untuk mengurangi risiko kamu melakukan lembur hanya karena ada kerjaan yang belum selesai. Selain meningkatkan produktivitas melansir dari verywell thoughts, monotasking juga bermanfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan kreativitas diri. Karena dalam suatu periode waktu kamu hanya fokus mengerjakan satu pekerjaan saja.

Cara menjadi sukses tersebut salah satunya adalah dengan bekerja keras. Namun, di samping kerja keras kamu pun penting untuk menerapkan kerja cerdas. Kerja cerdas perlu kamu terapkan apapun bidangnya, baik menjadi seorang karyawan maupun sebagai seorang pengusaha. Sebagai langkah awal yang perlu diterapkan agar bisa sukses di usia muda adalah memiliki target yang jelas. Ingat, setiap usaha tidak bisa berkembang dengan baik bila kamu tak punya target yang jelas. Maka, tentukan target dan cari tahu bagaimana mencapai target tersebut dalam kurun waktu tertentu.