5 Tips Membagi Waktu Saat Kerja Sambil Kuliah

Andapun bisa mulai mengerjakan dan menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dalam waktu singkat. Memang terasa sangat menyenangkan jika dapat bekerja selama 8-10 jam berturut-turut, terutama ketika dikejar deadline. Saat sedang melakukan kegiatan yang sudah dijadwalkan kadang ada banyak gangguan. Apakah itu berasal dari notifikasi ponsel, panggilan telepon dari klien, atau mungkin gangguan dari orang-orang di sekitar yang kadang tidak sengaja. Terkadang, sulit untuk mengetahui bagaimana membuat prioritas, terutama ketika Anda menghadapi banyak tugas yang sangat mendesak. Namun, penting untuk mempelajari bagaimana memprioritaskan tugas secara efektif jika Anda ingin mengatur waktu Anda dengan lebih baik.

Setelah itu, anda bisa menggunakan waktu luang tersebut untuk mengerjakan tugas. Memang berkuliah sembari bekerja itu berat, namun ada beberapa dampak positif yang bisa anda dapatkan ketika memutuskan untuk kuliah sembari bekerja. Dengan cara membagi waktu yang tepat tersebut, kita tidak akan lupa lagi tentang aktivitas dan kegiatan kita sehari-hari. Kalau kamu sudah mengetahui cara manajemen waktu yang baik untuk bekerja dan kuliah, dijamin gak bakalan ada salah satu yang dikorbankan. Pindahkan materi ke ponsel atau laptop computer yang kamu bawa setiap hari, jadi kamu bisa belajar di mana saja, termasuk di kantor. Tapi kalau langkah itu menjadi cara yang biasa kamu lakukan untuk menyerap ilmu, silakan saja.

Maka dari itu saat kamu memutuskan kuliah sambil kerja, kamu harus rajin untuk merencanakan kegiatan kamu setiap hari. Hal ini dilakukan agar semua pekerjaan kuliah dan kantor pun berjalan dengan lancar. Selain belajar, biasanya mahasiswa memiliki kegiatan lain di kampus, seperti mengikuti ekstrakulikuler, organisasi atau kegiatan lainnya.

Bekerja tanpa menganggu waktu belajar

Tapi setelah Anda mengenal bagaimana mengatur waktu Anda dengan baik , Anda memiliki gambaran yang lebih jelas tentang tuntutan waktu untuk tugas Anda. Anda lebih dapat memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas, sesuai tenggat waktu yang ditentukan. Untuk dapat mengatur waktu dengan baik, maka harus cermat dalam mengatur porsinya baik untuk diri sendiri, untuk pekerjaan, kegiatan kuliah, kegiatan sosial atau kegiatan lainnya. Contohnya, kamu sedang bekerja namun pekerjaan itu tidak terlalu sibuk. Manfaatkan waktu sedang tidak sibuk tersebut untuk mencicil tugas kuliah kamu. Sehingga, setelah pekerjaan selesai, tugas kuliah kamu sudah setengah jalan tinggal menyelesaikan sisanya.

Beberapa universitas menawarkan mahasiswa untuk bekerja di kampus. Ini akan mengizinkan anda untuk bekerja tanpa harus meninggalkan kampus. Anda bisa dengan mudahnya terdistraksi dan melupakan fokus anda sebagai mahasiswa baru karena tidak ada orang yang membantu anda dalam mengatur kehidupan anda di universitas.

Memiliki banyak kesibukan tidak menghalangi Rio untuk berkuliah dengan serius. Hingga saat ini, ia menyukai apa yang dipelajarinya, terutama Komunikasi Organisasi. Menurutnya teorinya bisa langsung digunakan di tempat kerja dan berdekatan dengan teori psikologi sehingga bisa dimanfaatkan pula untuk bersosialisasi di luar dunia kerja. “Laptop saya menghadiri rapat dan handphone saya menghadiri perkuliahan. Jadi saya tidak ketinggalan materi yang dibahas saat itu sambil bertanya ke teman kelas selesai kuliah,” jelasnya.

Seperti penjelasan pada poin sebelumnya, sebagai mahasiswa fokus utama Anda adalah belajar dan mendapatkan gelar sarjana. Jika Anda ingininternship, sebaiknya pilih pekerjaan yang menawarkan fleksibelitas tinggi. Misal Anda tidak harus kekantor setiap hari atau bekerja 8 jam sehari. Anda dapat fasilitas untuk bekerja di rumah dan lain sebagainya.

Anda harus bisa menjalankan kegiatan menurut skala prioritasnya. Terkadang kuliah sambil bekerja memakan banyak waktu kita setiap hari bahkan kita hanya mempunyai waktu sedikit untuk refreshing . Manfaatkan waktu liburmu dengan baik dan selau ingat orang tuamu yang selalu memperjuangkan kamu.

Tetapi di IDS Digital College, Anda tidak perlu khawatir, karena bisa menyesuaikan waktu dan tentunya dengan biaya pendidikan yang tinggi. IDS Digital College merupakan institusi pendidikan ilmu komputer yang akan mendapat gelar Strata 1 Real World Project. Sehingga akan membuat karyawan lebih siap dalam karir, bisnis dan pertumbuhan teknologi.

Membuat estimasi waktu bekerja menjadi salah satu cara mengelola waktu dengan baik yang bisa kamu lakukan. Pasalnya, menentukan estimasi waktu bekerja dapat membuat mu disiplin saat menyelesaikan pekerjaan. Jika sudah ditentukan, maka pekerjaan dengan kepentingan yang lebih besar tersebut menjadi prioritas mu hari itu untuk segera diselesaikan.