5 Rekomendasi Olahraga Untuk Asah Keterampilan Fisik Dan Sosial Anak

Jika demikian, Anda mungkin merasa sulit untuk menemukan arah dengan ide-ide Anda ketika Anda dibatasi. Jika Anda mencari cara untuk terhubung dengan orang-orang secara pribadi, hadirilah konferensi dan acara networking yang berhubungan dengan industri dan minat Anda. Untuk mulai menghubungkan dengan pikiran kreatif lainnya, Anda dapat melakukan eksplorasi karya orang lain dalam platform seperti Behance atau Instagram. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang dapat melakukan share dan memberikan suggestions untuk ide Anda. Opini dari mereka tidak hanya bagus untuk kreativitas, tetapi juga untuk karir Anda. Ketika Anda “menabrak dinding” karena ide Anda, mungkin ini saatnya Anda untuk memanfaatkan kreativitas orang lain.

Mulai belajar bermain gitar untuk mengenali bakat Anda dalam bermusik. Anda juga bisa mencoba aktivitas diluar seperti mendaki atau panjat dinding dan lihat apakah Anda berbakat dalam bidang tersebut. Jika Anda tidak pernah mencobanya, Anda tidak akan pernah tahu sejauh mana kemampuan Anda. Anda mungkin hanya akan menemukan bakat alami dan kemampuan Anda yang sebenarnya jika Anda menggalinya dengan melakukan tantangan baru.

Kita diterjunkan untuk membantu orang sekitar baik di lingkungan kantor maupun sosial untuk mengatasi masalah yang ada. Bisa jadi masalah yang timbul tidak pernah ditemui sebelumnya, tapi kita bisa berbaur dan terlibat dalam aktivitas mereka. Dengan merasakan kebahagiaan membantu orang lain, akan mengasah semangat positif dari dalam diri kita. Seperti halnya senyum, sikap dan semangat positif itu menular. Kalau kamu hobi mengeluh, doyan ngomongin orang lain, dan bersikap pesimis, tentu akan berpengaruh ke rekan dan lingkunganmu.

Thomas A. Edison berhasil karena ia tidak menyerah meski gagal lagi dan lagi. Ia berani melihat kegagalan sebagai bagian dari proses belajar sementara ia bereksperimen dengan ide-idenya. Inovator sepertinya melihat kesalahan sebagai kesempatan untuk menyempurnakan inovasi mereka. Menerapkan hal-hal yang Anda pikirkan adalah bagian dari menjalankan proses berpikir dan membangun suatu persepsi. Untuk berpikir dengan cara yang berbeda, Anda harus melangkah keluar dari zona kenyamanan Anda dan melihat skenario pada sudut yang berbeda. Faktanya, seorang inovator handal akan belajar dari berbagai bidang dan menggabungkannya menjadi sesuatu yang luar biasa.

Ia akan terstimulasi untuk mengikuti apa yang dilakukan oleh orang lain. Orang yang memiliki sikap empati tinggi juga tak akan segan berimajinasi tanpa batas. Contoh sikap empati ketika mengampanyekan pemanasan global, orang yang empati tak ragu memposisikan diri untuk membaca perspektif perusahaan minyak yang belum terbarukan. Sikap empati yang terakumulasi bahkan bisa mewujudkan perubahan sosial dan aksi yang besar. Ini bisa terjadi ketika orang dengan sikap empati tinggi berinisiatif melakukan aksi sosial atau berkumpul dengan sesama orang yang memiliki sifat yang sama.

Cara mengasah kemampuan diri sendiri

Hal tersebut akan menyebabkan kurangnya kreativitas seseorang karena selalu mengandalkan orang lain. Selain itu, seseorang juga akan jatuh pada sikap tidak percaya akan kemampuan dirinya, kurang peka terhadap tugas pokok yang menjadi kewajiban untuk dikerjakan bahkan menjadi pribadi yang malas. Untuk melakukan meditasi kamu tidak perlu repot datang ke sebuah komunitas atau perkumpulan tertentu.

Di tengah perubahan yang serba cepat, kamu dituntut untuk mengikuti perubahan dengan sigap dan menerimanya dengan mudah. Berjejaring melalui organisasi industri, bergabung dengan grup dengan minat sama, atau menghadiri konferensi dan acara perusahaan juga dapat menambah kemampuan interpersonal. Tentu orang seperti itu dibutuhkan di industri dan posisi apapun. Misalnya public relation, negosiator, outreach community, dan lainnya. Seperti kata penulis Amerika Serikat, Paul J. Meyer, mengatakan bahwa ‘Komunikasi, koneksi manusia, merupakan kunci kesuksesan personal dan karier’. Secara umum, kedewasaan individu dibentuk oleh pengalaman dan situasi dari lingkungan terkait misalnya keluarga, tetangga, dan sekolah selama bertahun-tahun.

Intinya sejauh mana sih seseorang bisa menunda kepuasan sesaat dan bisa bertahan mengontrol dirinya untuk mendapatkan kepuasan yang lebih besar kemudian. Tebakan gua sih hampir semua remaja juga mengalami naik-turunnya semangat belajar, termasuk diri gua sendiri dulu. Sebetulnya konteksnya gak harus selalu untuk belajar untuk ujian ya, gua bikin contoh gitu karena kebanyakan yang baca Zenius Blog ini adalah pelajar. Tapi apa yang mau gua omongin ini juga bisa relevan dengan banyak hal lain, misalnya tekad untuk rutin berolahraga, berhenti merokok, tekad untuk melatih kemampuan tertentu, dan lain-lain. Kunci dari disiplin untuk mencapai tujuan adalah self control, atau kemampuan mengontrol diri sendiri.