5 Gentle Skill Yang Harus Dikembangkan Selama Kuliah

Misalnya pergi ke mall, atau pergi ke tempat yang akan membuatmu berkeinginan mengeluarkan uang. Sebaiknya kamu berkumpul dengan temanmu di sekitar kampus, taman terbuka, atau ruang terbuka publik yang ada di kotamu. Nah, agar keuanganmu tetap terjaga pengeluarannya maka kamu harus melakukan penjatahan perharinya. Kamu boleh mencatat terlebih dahulu dalam satu hari biasanya kamu mengeluarkan uang untuk apa saja, jumlahkan nominalnya maka sejumlah nominal tersebut yang jadi jatahmu perhari.

Utang adalah hal utama yang wajib kamu hindari jika kamu ingin sukses dalam hal keuangan. Banyak orang beranggapan, jika membuat anggaran pribadi dan hidup berhemat artinya tidak bisa bersenang-senang. Sebagai mahasiswa, kamu masih bisa nonton di bioskop atau hang out bersama dengan teman-teman tanpa harus kehabisan uang saku sebelum waktunya. Sebelum berbicara tentang cara mengatur keuangan, kamu harus tahu bahwa hal pertama dan paling penting adalah belajar bagaimana bertanggung jawab terhadap dirimu sendiri.

Bekerja tanpa menganggu waktu belajar

Sebaiknya, Anda bisa memilih organisasi sesuai pada yang diminati. Mengikuti organisasi saat sedang kuliah tentu hal yang diperbolehkan untuk semua mahasiswa. Tetapi, harus cermat dalam memilih organisasi yang akan diikuti.

Selanjutnya, hal yang perlu Anda lakukan adalah mengatur waktu atau jadwal. Jangan sampai jadwal kuliah bertabrakan dengan jam kerja Anda. Untuk itu, pilihlah kampus dengan kelas karyawan yang dapat menyesuaikan jadwal kerja seperti penyelenggaraan kuliah pada malam hari. Dimana, pekerjaan dan kuliah berjalan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Manfaatkan sumber pemasukan lain selain dari uang saku orang tua.

Menjelang datangnya bulan suci ini, mungkin ada beberapa orang yang akan merasa kesulitan untuk mengatur waktu. Karena, selain bekerja mencari nafkah untuk keluarga, juga harus menjalankan ibadah selama Ramadhan. Maka dari itu, setiap anak kost tentunya harus bisa mengatur berbagai macam anggaran atau uang bulanan yang ada supaya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Kurangi keinginanmu untuk bermewah-mewah ya karena selama jauh dari orang tua kamulah yang bertanggung jawab terhadap keuanganmu. Kedua negara tetangga ini membolehkan mahasiswa kerja paruh waktu. Mahasiswa yang ingin bekerja di Singapura hanya punya waktu 16 jam dalam satu minggu. Dan, hanya mahasiswa dari universitas tertentu yang boleh kerja paruh waktu. Sementara di Malaysia, mahasiswa boleh bekerja selama 20 jam dalam seminggu. Jika aktivitas hanya sebatas kuliah dan belajar tentu akan terasa sangat membosankan.

Saat anda memutuskan untuk masuk ke dalamnya, itu artinya anda siap dengan semua resiko dan harus ikut aktif dalam berkontribusi. Apalagi bila organisasi tersebut sesuai dengan hobi yang anda miliki. Tips dan cara untuk membagi waktu belajar dan organisasi sangat penting. dan media sosial untuk mengirimkan tugas atau pekerjaan yang tidak bisa diserahkan langsung ke dosen dan atasan.