5 Cara Menyeimbangkan Kuliah Dan Pekerjaan

Dahulukan yang lebih mendesak itu akan membuatmu menyelesaikan semua pekerjaan dan tugas-tugas dari perkuliahan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Walau kamu bekerja, pastikan bahwa nilai kamu di kampus tidak bermasalah. Ikutilah semua kuis dan kumpulkanlah tugas-tugas yang diberikan. Jangan pernah juga terlambat atau tidak datang untuk mengikuti ujian. Karena kalau nilai kamu bermasalah maka lama waktu kuliah kamu bisa molor.

Begitu juga dengan tugas kuliah, kamu harus menyeimbangkan dengan pekerjaanmu. Jangan sampai prestasi di kantor menjadi menurun karena kuliah atau sebaliknya, tugas kuliah menjadi terbengkalai karena kerjaan di kantor menumpuk. Semua dapat dijalankan dengan benar asalkan kamu disiplin dalam mengatur dan pintar membagi waktu. Setelah pulang kerja pukul 18.00 WIB, kamu seringkali masih harus berkutat dengan tugas kuliah yang harus diselesaikan.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Saat harus tinggal di rumah selama pandemi Covid-19, kita musti lebih cermat lagi mengatur waktu. Mencari peluang beasiswa juga bisa kamu coba untuk mencari sumber pembiayaan kuliah. Tak hanya di awal kuliah, ada pula beberapa beasiswa yang menawarkan bagi mahasiswa di pertengahan semester atau semester akhir saat pengerjaan skripsi. Dengan keterbukaan informasi dan teknologi, tak sulit mencari informasi soal peluang beasiswa ini. Agar tidak mudah sakit, anda harus pintar mengatur pola makan dengan baik. Memang nasihat ini sering sekali kita dengarkan, tetapi hal ini memang benar.

Tidak mudah untuk seorang mahasiswa yang baru kuliah , untuk hidup mandiri. Tapi, lebih baik waktu luang dimanfaatkan untuk belajar, dan mengerjakan tugas kuliah biar gak mengganggu waktu kerjamu. Agar lebih cepat mengerjakan tugas kantor dan memiliki banyak waktu untuk berangkat ke tempat kuliah, kurangi waktu bergosip dengan rekan kerja.

Kamu harus memiliki goal waktu untuk memperoleh gelar sarjana. Begitu juga sebaliknya, jangan biarkan prestasi kerja menurun karena kamu ngebut untuk memperoleh gelar sarjana. Tugas kuliah juga dapat diselesaikan dengan mudah jika nyambung dengan pekerjaan. Bagi kamu yang akan kerja sambil kuliah harus pandai-pandai membagi waktu. Apalagi jika kamu kerja sambil kuliah di Jakarta, pikirkan waktu tempuh karena kemacetan akan membuat kamu ketinggalan mata kuliah.