5 Cara Efektif Mengatur Waktu Bagi Mahasiswa

Tentu, bagi sebagian besar orang berbicara di depan umum sangat menyulitkan, terlebih kamu harus membawa suasana dan meyakinkan mereka untuk mau mendengarkan penyampaian mu. Namun dengan menguasai bidang ini tentu akan membawa banyak keuntungan. Kamu bakalan sering menerima tawaran sebagai MC maupun pembicara lainnya. Juga kamu bisa memperbaiki perkataan yang keluar dari mulutmu.

Anda bisa lebih mandiri dengan tinggal sendiri, mengatur keuangan secara cermat, dan membeli kebutuhan pokok tanpa bantuan orang lain. Bagi yang tidak ingin membebani orang tua pun harus mencari penghasilan selama kuliah. Agar kuliah dan kerja bisa berjalan dengan baik dan seimbang, kita harus siap belajar, siap mental, jaga stamina dan dapat mengatur waktu dengan baik. Kita harus pintar mengatur jadwal sehingga semuanya bisa terlaksana dengan baik dan akan mendapat hasil yang memuaskan.

Misalnya, sambil makan siang kita bisa membaca jurnal yang harus diulas untuk tugas kuliah. Kita juga bisa menyelesaikan urusan pekerjaan sekaligus mencari data-data untuk mendukung penelitian kita di kampus. Agar lebih efektif, bijaksanalah dalam memilih pekerjaan yang akan dilakukan secara bersamaan. Mendapatkan judul dari semester enam atau tujuh adalah sebuahgoals. Tidak perlu terburu-buru dan merasa stress karena belajar dari pengalaman, skripsi sebaiknya dikerjakan dengan santai tapi tetap ada perkembangan rutin.

Bekerja tanpa menganggu waktu belajar

Saat kamu lelah akan tugasmu baik di perkuliahan maupun organisasi, itulah waktu yang tepat untuk kamu beristirah. Kamu bisa melakukan “Me-Time” seperti jalan-jalan, pergi bersama teman, dan lain-lain. Pastikan kamu membagi waktu dan mengambil istirahat yang cukup karena kamu bukanlah robot. Jika istirahatmu cukup, kamu akan lebih bertenaga dalam menghadapi tugas kuliahmu maupun organisasi lebih lanjut. Jika kamu aktivis, buatlah timeline atau semacam daftar harian yang terangkum jadi satu dalam buku agenda harian kamu. Biasakanlah untuk membuat perencanaan dari kegiatan yang akan kamu lakukan.

Kadang jika anda tidak pintar dalam mengatur waktu maka anda kuliah maupun kerja anda bisa tidak maksimal. padahal jika anda mau untuk mengatur jadwal anda maka semua aktivitas akan bisa anda jalankan dengan mudah. Dengan bekerja maka kuliah anda bisa terbengkalai karena anda sibuk mencari uang. agar anda bisa menjalankan kedua aktivitas tersebut dengan maksimal maka anda harus mengerti tips kerja sambil kuliah.

Setidaknya Anda memiliki gagasan tentang di mana Anda ingin belajar, di universitas mana. Karena ada beasiswa yang mengharuskan mereka untuk mendapatkan Letter of Acceptance , seperti misalnya beasiswa DIKTI, DIKNAS, beasiswa LPDP. Banyak program beasiswa ditawarkan oleh pemerintah bekerja sama dengan universitas lokal dan juga universitas asing. Beasiswa ini ditujukan untuk siswa berprestasi dan tentu saja memiliki keinginan yang kuat untuk mengejar pendidikan yang lebih tinggi. Semua orang tahu bahwa perjuangan untuk mendapatkan beasiswa bukanlah tugas yang mudah. Sebenarnya sulit mendapatkan beasiswa, tetapi itu bukan tidak mungkin.