3 Solusi Agar Bisa Kuliah Walaupun Tak Ada Dana Untuk Biayanya

Berapa banyak yang harus kamu siapkan dan keluarkan untuk dana kuliah serta cara terbaik untuk mengelolanya. Jika muncul interupsi saat bekerja sehingga Anda harus berhenti untuk melakukan hal yang lain, melanjutkan proses kerja yang terputus bukan hal yang mudah. Tuntaskan dahulu tugas yang sedang dikerjakan sebelum beralih ke tugas yang lain. Selama Anda menyelesaikan tugas, biarkan tugas yang lain menunggu. Apabila Anda perlu menyalakan ponsel saat bekerja, letakkan agak jauh dari meja kerja supaya Anda tetap fokus karena tidak terpancing untuk menggunakannya. Selain itu, matikan dering notifikasi yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

Masalahnya, tiap orang punya barometer sendiri seberapa penting barang itu untuk dibeli. Bahkan aku harus memisahkan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier dalam catatanku. Tapi untungnya aku punya banyak project dengan teman-teman, jadi kebutuhan sekunderku bisa dibeli dengan uangprojectatau minta mereka membelikan alih-alih kado jasaku hehe.

Sebagai orang yang berkuliah sambil bekerja, waktu kamu pastinya nggak sefleksibel mereka yang hanya sibuk salah satu. Karena itu kamu harus selektif dalam memilih ajakan dari teman, dan maksimalkan. Pilih ajakan kumpul-kumpul yang paling banyak didatangi teman-temanmu dan manfaatkan sebaik mungkin. Banyak orang menggunakan waktu luangnya untuk hal-hal yang tidak produktif seperti bersantai, nonton TV, jalan-jalan ke mall, ngegosip, dll. Jika tidak, saatnya mengevaluasi cara Anda menggunakan waktu luang selama ini.

Bekerja tanpa menganggu waktu belajar

Jika tidak, kamu mungkin perlu mengatur ulang pengeluaran atau menambah sumber pemasukan dengan pekerjaan sampingan. Tentu uang kuliah semesteran tahun ini tidak sama dengan uang semesteran di tahun dimana kamu apply sebagai mahasiswa. Ditambah lagi jadwal pertemuan rapat dan tentu saja tugas-tugas kuliah dari dosen. Dengan membuat skala prioritas, tentu kamu akan dapat memasukkan jadwal new normal-mu ke dalam jadwal rutinitas harianmu. Seperti waktu untuk membuat tugas dan jadwal kelas kuliah S2-mu.

Padahal tidak ada seorangpun yang mempunyai tambahan waktu lebih dari 24 jam per hari. Orang-orang yang sukses mampu mengelola waktu mereka dengan sangat baik. Dari daftar tugas harian, Anda tahu apa yang harus dikerjakan untuk hari tersebut, bukan?