15 Kiat Menjadi Pengusaha Sukses Menurut Islam

Mewujudkan kesuksesan dalam berbisnis memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak dapat dilakukan dan dicapai. Ketika Anda berani melakukan hal itu, bisnis Anda akan tumbuh. Anda dapat belajar dan bertemu dengan mitra atau investor baru. Meski begitu, risikonya harus tetap diperhitungkan dengan baik. Melakukan penelitian dan konsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman sangat penting dalam kasus ini. Untuk menjaga hubungan baik dengan mitra bisnis, Anda harus memiliki komitmen dalam bisnis, ide-ide cemerlang, dan bebagai hal yang membuat mereka percaya.

Reza Nurhilman juga merupakan pengusaha yang sukses dibidang kuliner. Pengusaha muda Indonesia yang satu ini, memberi nama produk miliknya dengan Maicih. Maicih merupakan cemilan keripik yang dikreasikan oleh Reza Nurhilman menjadi cemilan yang pedas.

Akal dan pikiran harus tetap focus dalam menjalankan tips bisnis dari beliau ini. Jika fokus terus dijalankan maka setiap hambatan akan terselesaikan dengan cepat dan tepat. Ya, ternyata memang tak mudah untuk memulai sebuah bisnis, apalagi di usia yang masih muda. Tidak patah arang, Baedowy mencoba bisnis baru yakni usaha penggilingan sampah. Dia terinspirasi dari seorang pengusaha yang cukup sukses menggeluti bisnis limbah plastik. Menurut pengusaha tersebut, bisnis sampah tidak memiliki resiko dibandingkan bisnis lain seperti usaha kuliner yang beresiko basi atau usaha ternak yang rawan mati.

Seorang mitra atau companion bisnis memang sangat diperlukan guna membantu Anda dalam mengatasi masalah. Mitra bisnis akan berada disisi Anda ketika bisnis yang sedang dijalankan mengalami masa sulit. Selain itu mereka juga akan berbagi ide dan strategi dan juga akan memberikan suntikan dana saat dibutuhkan.

Ingin lebih penuh dalam menjalankan bisnis, ia harus berhenti kuliah pada semester 4. Kedua orang tuanya tidak setuju jika anak sulungnya keluar dari bangku kuliah untuk melakukan bisnis dan menganggap proyeknya hanya sebatas iseng. Namun semakin besar usahanya membuat brand yang ia kelola semakin menawarkan produk yang beragam.

Cukup dengan modal keyakinan yang kuat terhadap keinginanmu, kepercayaan dari relasi dan strategi yang baik akan membuatmu menjadi pengusaha sukses dengan modal awal Rp 0 saja. Buatlah pelanggan selalu merasa puas dengan pelayanan yang kamu berikan supaya mereka mau kembali lagi pada produk atau jasa yang ditawarkan. Layanan terhadap pelanggan menjadi faktor penting untuk kemajuan bisnis. Baik itu secara offline atau on-line, usahakan untuk memberikan pelayanan terbaik pada pembeli, selalu tersenyum dan hangat.

Tidak ada orang yang mengetahui segala hal, maka itu sangatlah penting untuk bersikap terbuka pada pandangan atau pemikiran orang lain. Dengan berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman, atau orang sukses lainnya, kamu dapat mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilakukannya. Pilihlah mentor, teman atau orang yang sudah sukses untuk menjadi penasehat kamu, tempat kamu berdiskusi tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk sukses. Lebih banyak mendengar akan lebih baik daripada lebih banyak berbicara. Seiring dengan semakin berkembangnya dunia maya, saat ini seakan-akan semua hal dapat menjadi peluang bisnis. Dengan begitu banyaknya peluang yang dapat diambil, mungkin kamu akan bingung dalam memilih satu peluang yang akan dikembangkan.

Cara menjadi pengusaha muda sukses dari nol

Melalui penataan pasar swalayan dengan konsep tidak dipusat perbelanjaan tradisional itu, Abdul Latief mengembangkan tiga macam filosofi. Pertama, pengusaha kecil adalah bagian dari kemajuan jenis usaha yang berskala lebih besar. Karena itu, yang kecil memang harus diperhatikan dan diberi tempat yang wajar. Pada tahun 2002, dia mendirikan sebuah perusahaan televisi yang bernama JTV di Surabaya.

Ferry sendiri mengaku bahwa saat awal kelahiran traveloka, tidak ada satupun maskapai penerbangan yang menerima kerjasama dengan traveloka. Pada usia 14 tahun, Asya memulai bisnis baju dan aksesori yang bernuansa ‘forty-an. Tiga tahun berselang, ia mulai mengembangkan bisnisnya dengan pakaian olahraga yang dikhususkan untuk musim dingin. Wanita yang menjalani usaha sejak usia 20 tahun ini memproduksi sendiri hijabnya.

Saya selalu optimis terhadap apa yang saya lakukan saat ini dan nanti walau banyak orang meremehkan saya selalu remaja berumur 20 tahun. Namun itu tidak menyurutkan semangat saya untuk menggapai tujuan saya. Balta merupakan seorang pengusaha dan investor yang telah berinvestasi di lebih dari 40 perusahaan sejak dia memulai perusahaannya. Meski sukses di usia muda, dia sendiri sebetulnya sudah memulai bisnisnya dari nol sejak masih remaja.