10 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Atau Eq

Tidak bisa dipungkiri, media sosial berkontribusi dalam isu kesehatan mental yang marak dibicarakan belakangan ini. Media sosial memberikan kesempatan untuk orang dalam mengkurasi hidupnya dan hanya memperlihatkan gambaran kehidupan yang indah dan sempurna. Hal ini berdampak pada kecemburuan dan perasaan tertinggal bagi orang yang melihatnya. Coba lah bereksperimen dengan tidak menggunakan media sosial selama beberapa minggu. Mengasah kemampuan diri dan menambah talent dalam diri akan membuat kamu lebih percaya diri dan menjadikan psychological lebih kuat.

Cara mengasah kemampuan diri sendiri

Selanjutnya, jangan fokus pada kegagalan Anda, tetapi fokuslah pada kesuksesan Anda. Ketika gagal, Anda dituntut untuk memiliki ketahanan kerja yang tinggi sehingga tidak berhenti mencoba untuk terus maju. Di sisi lain, Anda harus cukup percaya diri bahwa Anda bisa mencapai sebuah prestasi kerja. Namun Daily Mail menegaskan jangan sampai timbul percaya diri yang berlebih karena hal tersebut justru bisa menghancurkan karir Anda.

Meditasi bisa dilakukan di rumah atau di tempat lainnya yang tenang. Rasa percaya diri merupakan modal utama untuk memiliki psychological yang kuat dan berani. Dengan rasa percaya diri, segala kondisi mampu dihadapi dan difiikirkan lebih matang lagi dan bukannya malah lari dari masalah. Rasa percaya diri juga mendukung pelaksanaan dan tekad yang kuat.

Dengan demikian, minat dan bakat merupakan faktor yang saling mempengaruhi, terlepas dari faktor mana yang lebih dominan. Keduanya penting untuk dikembangkan secara optimal bahkan maksimal. Kita semua membutuhkan pengingat bahwa kita cukup baik dan mampu untuk mencapai apa pun yang ingin dicapai. Sebab, tak sedikit yang melupakan kemampuan diri sendiri ketika menemui hambatan. Membuat daftar kumpulan semua pencapaian dapat membantumu mengingatkan kemampuanmu sehingga mencegah kamu dari merasa tidak percaya diri. Untuk itu, biasakan untuk mencatat semua pencapaianmu, baik besar maupun kecil.

Sering kali terjadi salah kaprah atau hubungan yang nggaksmooth. Salah satu cara melatih komunikasi adalah dengan melibatkan diri di berbagai kegiatan. Di situ kamu akan bertemu dengan banyak pihak, dengan gaya komunikasi yang berbeda-beda.

Untuk dapat lebih memahami mengenai apa itu potensi diri, kita perlu menilik mengenai jenis dari pontesi tersebut. Kemampuan serta kapasitas tersebut dapat atau bisa di bidang apa saja serta bisa berupa apa saja. Terlepas dari positif atau negatif, potensi tersebut tetaplah potensi. Keuletan, kerja keras, keberuntungan, serta bakat apabila punya menentukan seberapa jauh potensi itu dapat diaktualisasikan. Menjadi orang yang bertanggungjawab itu tidak mudah, seseorang merasa memiliki kewajiban atau beban yang harus diselesaikannya dan menyita perhatiannya.

Keputusan untuk berubah dan bertumbuh adalah alat yang ampuh yang dapat membantumu melangkah. Buatlah keputusan bahwa kamu akan memperbaiki kehidupanmu dan tidak akan menunda-nunda. Mulailah dengan membaca buku dan weblog tentang psikologi, mendengarkan podcast, atau menghadiri seminar tentang pengembangan diri.

Keinginan dan tujuan baru tersebut dapat berujung menjadi dua cabang; positif maupun negatif. Cara menjadi produktif bisa dimulai dengan menentukan goal atau impian kamu sendiri. Target membuat kamu bisa fokus pada tujuan yang diinginkan sehingga kamu tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai goal tersebut. Ingat ya, ciri orang produktif selalu tahu apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara untuk menggapai hal tersebut. Maka dari itu, biasakan untuk membuat to – do record sebelum tidur. To – do listing tersebut bisa meliputi berbagai kegiatan yang akan kamu lakukan keesokan harinya.

Oleh karenanya, Anda harus meyakinkan diri sendiri bahwa langkah yang diambil dapat membuat karier melesat setelah kembali bekerja. Cara mengasah keahlian profesional melalui jalur formal tentunya dengan melanjutkan sekolah. Anda dapat mengambil program grasp di bidang yang sama dengan ilmu yang dipelajari saat di bangku kuliah dulu. Anda juga bisa memilih jurusan manajemen untuk mendukung ability leadership dan memimpin tim kerja yang lebih besar di masa mendatang. Selain menunjang pekerjaan, ilmu yang didapat dari pelatihan juga dapat digunakan untuk bekal mengikuti tes kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi. Sertifikat yang didapat dari institusi terpercaya dapat memperpanjang daftar keahlian yang tertulis di curriculum vitae.

Para pemimpin yang hebat bersedia melakukan hal-hal untuk orang lain tanpa memperhatikan apa untungnya bagi mereka. Mereka melatih dan membimbing seluruh karyawan untuk bekerja lebih baik dalam mencapai tujuan perusahaan. Mereka juga mencari tahu apa yang bisa dilakukan jika perlu mengambil keputusan maupun merancang strategi. Kebanyakan orang cenderung berpikir bahwa semuanya sudah beres begitu mereka mendapatkan pekerjaan. Hanya karena telah mendapatkan pekerjaan, tidak berarti Anda telah mencapai tujuan dan harus berhenti belajar.